Pembangunan Jalan Protokol Pasaman Barat Mulai Pengaspalan

id Pembangunan Jalan Protokol Pasaman Barat

Simpang Ampek, (Antara) - Pembangunan jalan protokol Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), masuk tahapan pengaspalan yang direncanakan sepanjang 4,3 kilometer.

"Setengahnya saat ini sudah masuk dalam tahap pengaspalan dan kami menargetkan siap tahun 2015 ini," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pasaman Barat, Ahdiyarsyah di Simpang Ampek, Jumat.

Ia mengatakan, pembangunan jalan protokol sebelah kiri dari arah kantor bupati tersebut mengghabiskan biaya sebesar Rp20 miliar.

Ia menyebutkan, anggaran sebesar Rp20 miliar tersebut juga digunakan untuk pembangunan median jalan yang ada di sepanjang jalan protokol tersebut.

Saat ini jalan pada jalur sebelah kanan dari arah kantor bupati sudah siap dibangun pada tahun 2013. Sedangkan pada 2014 jalan jalur kiri sekitar dua kilometer sudah dikerjakan.

"Untuk sisanya sepanjang 4,3 kilometer akan dilanjutkan pada 2015 ini. Dengan demikian maka pada 2015 pembangunan jalan protokol akan selesai," ujarnya.

Ia mengharapkan rekanan dapat mengerjakan proyek itu dengan benar dan cepat tanpa adanya permasalahan nantinya.

"Pekerjaan jalan ini menjadi perhatian serius karena merupakan salah satu kegiatan pembangunan strategis Pemkab Pasaman Barat pada 2015 ini," ujarnya.

Manurut dia, jalan protokol ini dibangun dua jalur dan merupakan jalan penghubung antara perkantoran Pemkab Pasaman Barat.

Ia menambahkan, jalan protokol ini bisa mengurangi jarak tempuh dari Pasaman Baru menuju Padang Tujuh.

"Kalau menggunakan jalan biasa menuju Padang Tujuah harus menempuh 13 kilometer. Sedangkan melalui jalan protokol hanya menempuh 7,5 kilometer," katanya. (*)