KPU Agam Sediakan Empat Lokasi Rapat Umum

id rapat, umum, pilkada, agam

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Agam menyediakan empat titik lokasi rapat umum bagi calon peserta pemilihan kepala daerah 2015.

Ketua KPU Agam Alhadi di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan keempat titik lokasi rapat umum tersebut yakni lapangan sepak bola Parik Putih Kecamatan Ampek Angkek, lapangan di Kecamatan Sungai Pua.

Selain itu, kata dia, lapangan Matur dan lapangan Surau Kariang di Kecamatan Lubuk Basung.

"Kami memberikan kebebasan kepada pasangan nomor urut satu Irwan Fikri-Chairunas dan pasangan nomor urut dua Indra Catri-Trianda Farhan Satria untuk memilih satu titik lokasi, karena setiap pasangan calon boleh melakukan rapat umum hanya satu kali," katanya.

Untuk jadwal rapat umum, tambahnya, KPU Agam menetapkan untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati dengan nomor urut satu yang diusung oleh Hanura, PAN dan Demokrat pada 3 Desember 2015. Sementara untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati dengan nomor urut dua yang diusung oleh PKS dan Gerindra pada 5 Desember 2015.

"Kami telah menyurati tim terkait lokasi dan jadwal rapat umum ini. Pelaksanaan kita serahkan kepada pasangan calon apakah digunakan atau tidak," katanya.

Ia menambahkan, KPU Agam mengarahkan kampanye tatap muka dengan masyarakat pada pilkada serentak 2015.

KPU Agam, tegasnya, tidak membatasi jumlah pertemuan tatap muka yang dilakukan oleh pasangan calon tersebut dari 27 Agustus sampai 5 Desember 2015. Namun pasangan calon tidak diperbolehkan melakukan pertemuan tatap muka ini di tempat ibadah, gedung pemerintah dan beberapa fasilitas lainnya.

"Apabila mereka melakukan pertemuan tatap muka di tempat ibadah, gedung pemerintahan dan lainnya, mereka melangar PKPU No 7 Tahun 2015 tentang Kampanye," katanya. (*)