Baznas Agam Salurkan Zakat Sebesar Rp36 Juta

id Salurkan Zakat Sebesar Rp36 Juta

Lubuk Basung, (Antara) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyalurkan zakat beasiswa sebesar Rp36.000.000 kepada 48 mahasiswa binaan di Masjid Nurul Falah Lubuk Basung, Sabtu.

Ketua Baznas Kabupaten Agam, Isman Imran di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan penyaluran beasiswa ini satu kali enam bulan kepada mereka untuk biaya tambahan semester, untuk skripsi, praktik lapangan dan lainnya.

"Setiap mahasiswa binaan mendapatkan beasiswa sebesar Rp750.000 persemeter. Saya berharap dana ini dimanfaatkan sebaik mungkin ," kata Isman Imran.

Ia menambahkan, para mahasiswa binaan ini berasal dari Universitas Negeri Padang (UNP) Padang, Universitas Andalas (Unand) Padang, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

Selain itu dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang, Sekolah Tinggi Agama Islam Pengembangan Ilmu Al Quran (STAI PIQ) Kota Padang.

"Ke-48 mahasiswa ini berasal dari 16 kecamatan se-Agam. Mereka berasal dari keluarga kurang mampu," jelas Isman.

Isman menyebutkan, bantuan beasiswa ini bentuk kepedulian Baznas Agam di bidang pendidikan, untuk mengatasi kekurangan biaya pendidikan, sehingga sumber daya manusia (SDM) lebih bagus.

Selain menyalurkan beasiswa untuk perguruan tinggi, menurut Isman Imran, Baznas Agam juga menyalurkan beasiswa untuk siswa tingkat SD, SMP, MTs, SMA, MA dan SMK.

Lalu, menyalurkan bantuan untuk berobat, modal usaha dan lainnya.

Selama 2015, Baznas Kabupaten Agam menyalurkan zakat sekitar Rp5,4 miliar kepada 6.457 mustahik selama 2015.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Fauzir, mengapresiasi program dari Baznas Agam, karena melalui program yang telah dilaksakan ini sangat membantu pemerintah dalam menangani persoalan pendidikan.

"Program ini harus kita dukung agar tidak ada lagi anak di Kabupaten Agam tidak bersekolah, sakit tidak terobati dan lainnya," katanya. (*)