Embarkasi Padang Mulai Berangkatkan Calhaj Bengkulu

id calhaj, bengkulu

Padang, (AntaraSumbar) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang mulai memberangkatkan calon haji asal Bengkulu yang tergabung dalam kloter VII, VIII dan IX.

"Karena Bengkulu berstatus embarkasi antara, calon haji hanya transit di Bandara Internasional Minangkabau untuk kemudian berangkat dengan pesawat haji," kata Kasi Pembinaan Haji dan Umrah Kementerian Agama Sumbar Efrizal di Padang, Senin.

Ia menyebutkan total calon haji asal Bengkulu berjumlah 1.292 orang Bengkulu terdiri atas tiga kelompok terbang.

Kloter VII telah berangkat pada 30 Agustus, kloter VIII 1 September dan kloter IX pada 2 September, ujar dia.

Menurut dia berbeda dengan calon haji asal Sumbar, tiba di Bandara Internasional Minangkabau calon haji Bengkulu akan diarahkan ke lantai III untuk beristirahat menunggu jadwal keberangkatan.

Setelah itu calon haji akan naik tangga manual ke pesawat haji untuk diberangkatkan ke Madinah menggunakan maskapai Garuda Indonesia Boeing 747 seri 400, ujar dia.

Sebelumnya pada Minggu, 30 Agustus 450 calon haji asal Bengkulu yang tergabung dalam kloter VII telah berangkat ke Madinah pada pukul 07.30 WIB menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah.

Kloter VII berasal dari Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Lebong.

Total calon jamaah haji yang berangkat melalui embarkasi Padang berjumlah 4.945 terdiri atas 11 kelompok terbang.

Dari 4.945 orang tersebut sebanyak 3.599 berasal dari Sumbar dan 1.292 orang Bengkulu serta didampingi 55 petugas haji.

Sementara Humas PT Angkasa Pura II selaku pengelola BIM Yosrizal menyampaikan kendati calon haji asal Bengkulu transit di BIM dipastikan tidak akan mengganggu penerbangan reguler karena jadwal telah ditetapkan.

"Tidak perlu khawatir penerbangan reguler tetap lancar, masing-masing pesawat sudah ada slotnya , ujar dia. (*)