Sekda Tanah Datar Harapkan ASN Jadi Teladan

id ASN Jadi Teladan

Batusangkar, (Antara) - Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Hardiman mengharapkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu menjadi teladan dan pelayan yang baik bagi masyarakat.

"Jangan sebaliknya malah ASN yang minta dilayani masyarakat, karena aparatur negara diangkat oleh pemerintah untuk melayani masyarakat," katanya di Batusangkar, Selasa.

Ia mengatakan sebelum diangkat menjadi ASN, terlebih dahulu diberi pembekalan yang komprehensif sehingga memiliki pengetahuan, kemampauan dan keterampilan serta perilaku yang baik untuk melaksanakan tugas jabatan sebagai pelayan masyarakat.

Selain itu, ASN harus punya wawasan kebangsaan, sikap antikorupsi dan mendorong pencapaian percepatan pemberantasan korupsi.

"Di era saat ini ke depannya ASN menghadapi tantangan yang semakin berat sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat terhadap reformasi birokrasi pemerintah menuju terwujudnya pemerintah yang baik, bersih dan bertanggung jawab," katanya.

Apalagi, jelasnya, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dijadikan sebagai daerah percontohan reformasi birokrasi oleh KemenPAN-RB beberapa tahun lalu.

Sementara itu, Kepala BKD dan Diklat Tanah Datar Suhermen juga mengharapkan ASN dapat menjadi contoh teladan di tengah masyarakat, memperlihatkanlah contoh yang baik kepada masyarakat, jangan terjadi sebaliknya ASN yang berbuat tidak baik.

"Kita tidak menutup mata terjadi di kalangan ASN yang berbuat asusila, terlibat narkoba dan sebagainya," katanya.

Ia menegaskan Pemkab Tanah Datar akan menindak tegas apabila ada ASN yang berbuat tindak kejahatan dan tidak sesuai peraturan yang berlaku.

Saat ini BKD dan Diklat Tanah Datar sedang melaksanakan prajabatan bagi 224 orang CPNS Golongan I, II dan III yang diangkat dari tenaga honorer Kategori II, selama 10 hari, 31 Agustus-8 September 2015. (*)