Ketua MPR-RI Beri Kuliah Politik Di Unand

id Ketua, MPR, kuliah, umum

Padang, (AntaraSumbar) - Ketua MPR-RI Zulkifli Hasan memberikan kuliah umum bertemakan politik kebangsaan di depan mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang, Selasa.

"Ketua MPR tersebut sengaja didatangkan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Unand untuk mengisi acara tahunan Pekan Politik Kebangsaan," kata Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Unand Eriyanty, di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan tema yang menjadi bahan kuliah Zulkifli yakni mewujudkan partisipasi politik kebangsaan dalam pemilu kepala daerah serentak yang demokratis, transparan dan antikorupsi.

Kuliah tersebut juga diikuti oleh anggota DPR Sumbar Asli Chaidir, Cawagub Sumbar Fauzi Bahar, dan cawako Bukittinggi Taslim serta beberapa anggota Komite Nasional Pemuda Indonesia.

Selain itu perwakilan pelajar dari berbagai sekolah menengah di Padang juga ikut serta dalam kuliah yang berlangsung selama 2 jam tersebut, imbuhnya.

Sementara itu dalam kuliahnya Zulkifli Hasan memaparkan tentang arti sebenarnya dari NKRI.

Dia mengajak kepada peserta kuliah tersebut untuk bersama mengkaji berbagai hal yang telah menjadikan arti NKRI tersebut telah banyak melenceng dari visi misi pimpinan.

Menurutnya saat ini banyak pimpinan baik di pusat, maupun daerah lebih mementingkan arti kekuasaan bukan amanahnya.

Artinya visi dan misi dari pemimpin tersebut tidak bersifat berkelanjutan.

"Asal masuk penguasa baru maka sistem dan visinya akan berbeda dari sebelumnya," katanya.

Hal ini, kata dia, berbeda saat masa kekuasaan Soekarno dan Soeharto.

Menurutnya meski keduanya cukup otoriter dan berkuasa cukup lama, namun memiliki rencana jangka panjang atau pendek yang jelas.

Saat ini, katanya, banyak pimpinan tidak lagi memiliki pemikiran ke arah tersebut, akibatnya banyak yang bisa berkuasa karena adanya boncengan kepentingan dibanding memikirkan bagaimana membangun daerah dan masyarakat yang dipimpinnya.

"Hal ini perlu menjadi kajian bagi warga kampus agar nantinya bisa menghasilkan suatu solusi yang bermanfaat," katanya. (*)