Masyarakat Pesisir Selatan Siap Dukung TDS

id Dukung TDS

Painan, (Antara) - Masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), siap mendukung penyelenggaraan balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2015 yang sesuai rencana "grand start" dilaksanakan di daerah itu.

Seorang warga, Andri (28) di Kecamatan IV Jurai, Selasa, mengaku siap mendukung setiap rangkaian acara yang akan digelar pemerintah kabupaten.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan kota kami ke dunia luar dan kami siap mendukungnya, katanya.

Menurutnya para peserta balap TdS selain harus bertarung menjadi juara tentu mereka butuh rasa aman dan nyaman.

"Kami siap melaksanakan hal itu," kata dia.

Sementara itu, Anto (31) di Kecamatan Koto XI Tarusan mengatakan juga siap berpatisipasi untuk mensukseskan "grand start" di kabupaten itu.

"Kesempatan ini menjadi kebanggaan bagi kami, semoga mereka yang ikut serta dalam balap sepeda TdS nanti bisa menikmati keindahan alam dan budaya didaerah ini," kata dia.

Ia berharap semoga setiap kegiatan yang nantinya dilaksanakan dari awal sampai akhir terlaksana dengan baik.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menyediakan dana sebanyak Rp1,2 miliar untuk menyelenggarakan balap sepeda TdS 2015 di daerah itu.

"Pemkab mengalokasikan dana tersebut melalui APBD kabupaten dan sumber dana resmi lainnya. Sedangkan penggunaan dana akan disesuaikan dengan kebutuhan sebagai penyelenggara 'grand start'," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga dan Ekonomi Kreatif Pesisir Selatan Gunawan.

Sesuai rencana "grand start" TdS 2015 akan dipusatkan di Kawasan Objek Wisata Pantai Carocok Painan setelah dilakukan pembukaan di Padang pada 2 Oktober 2015.

Sebagai persiapan untuk lokasi "grand start" dan calon pengunjung, baik lokal maupun mancanegara, pemkab setempat menyediakan di pelataran parkir kawasan Pantai Carocok Painan. Luas areal yang disediakan sekitar empat hektare. (*)