Pj Wako Solok Ingatkan ASN Bersikap Netral

id Pilkada Kota Solok

Solok, (Antara) Penjabat Wali Kota Solok, Sumatera Barat, Asrizal Asnan mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di kota setempat untuk bersikap netral dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Desember 2015.

"Sesuai aturan ASN harus netral, dan dilarang keras ikut dalam usung mengusung calon apalagi terlibat politik praktis," katanya di Solok, Rabu.

Ia menegaskan akan menindak tegas apabila ada ASN yang terbukti memposisikan diri atau yang berani pasang diri dalam dukung mendukung salah satu pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota yang akan bertarung di kota setempat.

Pada pilkada setiap ASN memang diwajibkan untuk ikut serta menyukseskan bahkan melakukan pengawasan. Namun harus tetap berada pada jalur yang benar tidak memihak pada salah satu pasangan calon.

"Tidak akan ada kata kompromi bagi mereka yang kedapatan terlibat politik yang sedang berlangsung saat ini," katanya.

Untuk memastikan semua ASN di daerah itu bersikap netral, maka mereka akan diawasi ketat oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (Komisi ASN) yang ada.

Komisi ASN akan menindaklanjuti hasil temuan di lapangan kepada penjabat wali kota. Tahap pertama akan diberi peringatan atau surat teguran sampai dua kali, dan apabila surat teguran itu tidak diindahkan, maka dia akan memberikan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Jadi saya ingatkan kembali agar ASN mematuhi seluruh aturan yang ada, baik aturan yang dikeluarkan secara nasional oleh pemerintah pusat, maupun peraturan yang dikeluarkan pemerintah provinsi dan daerah," katanya.

Ia juga mengajak para awak media yang bertugas di daerah itu untuk ikut mengawasi keterlibatan ASN dalam percaturan politik yang sedang berlangsung.

Para jurnalis mempunyai peran penting dan tanggung jawab tersendiri dalam menciptakan situasi yang kondusif dan menyukseskan pilkada serentak di Kota Solok.

Sebelumnya pada Selasa (1/9), merupakan hari pertama kerja Asrizal Asnan setelah menerima amanah dan dilantik sebagai penjabat Wali Kota Solok.

Ia langsung mengadakan rapat dengan sejumlah pejabat teras kota itu, wartawan, dan Kepala Bagian Humas Pemkot Solok, Heppy Dharmawan dan jajarannya.

Pada kesempatan itu, Asrizal Asnan menyampaikan bahwa ia akan bertugas sebagai penjabat Wali Kota Solok sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Ia mengaku akan melanjutkan program kerja yang telah ada dan telah direncanakan oleh Wali Kota Solok sebelumnya. Namun demikian ia juga memiliki program kegiatan yang akan dilaksanakan.

Selama bertugas ia akan lebih berkonsentrasi pada kegiatan atau percepatan program dan anggaran. Selain

itu yang tidak kalah pentingnya adalah ikut serta menyukseskan pilkada serentak yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2015. (*)