Disbudpar: Festival Kuliner Contohkan Cara Berdagang Kuliner

id Festival Kuliner

Padang, (Antara) - Pemerintahan Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengharapkan Festival Kuliner Nusantara Soto dan Sate yang akan digelar pada 5 hingga 6 September 2015 dapat menjadi contoh bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) kuliner di kota setempat.

"Tujuan digelarnya festival ini untuk membina Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner di Kota Padang, sehingga mereka mengetahui bagaimana mempromosikan kulinernya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang, Dian Fakhri di Padang, Rabu.

Menurutnya, selama ini PKL di Kota Padang belum seluruhnya mengetahui bagaimana cara mempromosikan dan berdagang kuliner yang baik.

Kegiatan berskala nasional yang digagas Kementerian Pariwisata RI tersebut, diadakan di halaman Museum Adityawarman.

"Hal itu tentunya akan meningkatkan kesejahteraan para UMKM kuliner Kota Padang," paparnya.

Selain untuk memberikan contoh yang baik, katanya kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang.

Ia menyebutkan, pada hari dan lokasi yang sama juga akan digelar Festival Marandang antar-kelurahan se-Kota Padang, siswa SMA dan antar-pimpinan kota serta Muspida.

"Seluruh kegiatan ini direncanakan dibuka Menteri Pariwisata pada Sabtu (5/9) pukul 10.00 WIB," tambahnya.

Ketua Asosiasi Tour dan Travel Agent (ASITA) Sumbar, Ian Hanafiah mengatakan festival kuliner tersebut harus mampu dimanfaatkan untuk terus mempromosikan keberagaman masakan khas dari Sumbar.

"Kegiatan itu akan mampu medorong peningkatan kunjungan wisatawan dan mengenalkan lebih dalam tentang masakan Sumbar," katanya. (*)