Tiga Kabupaten di Sumbar Belum Salurkan Dana Desa

id dana, desa, sumbar

Padang, (AntaraSumbar) - Tiga daerah di Sumatera Barat belum menyalurkan dana desa tahap I ke rekening nagari (desa) penerima bantuan hingga akhir Agustus, padahal merupakan syarat pencairan tahap II.

"Menjelang akhir Agustus lalu, ada lima daerah yang belum menyalurkan dana desa itu. Tapi sekarang hanya tinggal tiga daerah saja, karena dua daerah yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar sudah melakukannya," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat(BPM) Sumbar, Syafrizal dihubungi dari Padang, Rabu.

Sedangkan tiga daerah yang masih "membandel" menahan dana desa di rekening pemerintah daerahnya, sebut dia, masing-masing Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Pasaman.

"Kita tidak mendapatkan laporan mengapa mereka belum melakukan penyaluran, tetapi kita akan dorong terus, kalau perlu sedikit memaksa, agar pencairan dana desa tahap II nanti tidak terkendala," katanya.

Dia mengatakan, dana desa dari pemerintah pusat dicairkan melalui tiga tahap, yaitu tahap I 40 persen, tahap II 40 persen dan tahap III 20 persen.

"Dana desa tahap I telah kita terima seluruhnya, menunggu pencairan tahap II," katanya.

Wali Nagari Aia Dingin Kabupaten Solok, Patrizal dihubungi dari Padang membenarkan dana desa tersebut sudah masuk ke rekening nagari.

"Masuknya baru minggu ini," katanya.

Di Sumbar, terdapat 880 nagari dan desa yang mendapatkan dana desa yang tersebar di 12 kabupaten dan dua kota.

Kota yang masih menerima dana ini yaitu Kota Sawahlunto dan Pariaman karena di dua daerah itu masih terdapat pemerintahan desa.

Setiap nagari/desa akan mendapatkan bantuan sekitar Rp300 juta. (*)