Dps Pilgub Payakumbuh 86.144 Orang

id DPS, pilgub, payakumbuh

Payakumbuh, (AntaraSumbar) - Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kota Payakumbuh untuk pemilihan gubernur 2015 berjumlah 86.144 orang.


Ketua KPU Payakumbuh Hetta Manbayu di Payakumbuh, Rabu, mengatakan DPS itu telah disahkan melalui rapat pleno, dan tersebar pada lima kecamatan dan 62 kelurahan.


"Jumlah tersebut dapat saja berubah, karena DPS ini diumumkan ke masyarakat, setelah siapa yang belum terdaftar dapat segera dimasukkan karena daftar pemilih itu akan diperbaiki," kata dia.


Ia merincikan, pemilih yang paling banyak terdapat di Kecamatan Payakumbuh Barat, jumlahnya 33.486 orang, kemudian Kecamatan Payakumbuh Utara 20.616 orang.


Selanjutnya Kecamatan Payakumbuh Timur dengan pemilihnya 17.777 orang, dan Kecamatan Payakumbuh Selatan 7.251 orang.


Sementara kecamatan yang pemilihnya paling sedikit terdapat di Lampasi Tigo Nagari, masyarakat yang potensial menggunakan hak pilihnya sebanyak 7.014 orang.


"Dari 86.144 DPS Kota Payakumbuh, pemilih yang paling banyak adalah perempuan sebanyak 43.733 orang dan laki-laki 42.411 orang," kata dia.


Ia menambahkan, DPS tersebut akan dipajangkan di setiap kantor kelurahan sehingga masyarakat dapat mengetahui apakah dia sudah masuk daftar pemilih atau belum.


"Setelah diumumkan DPS itu di setiap kantor kelurahan, kami imbau masyarakat untuk memeriksa apakah mereka sudah masuk DPS atau belum," kata dia.


Sementara itu, Ketua KPU Sumbar Amnasemen menyebutkan, pihaknya menetapkan dua pasangan calon yang akan bertarung pada pilkada serentak 2015.


Kedua pasangan itu adalah Irwan Prayitno-Nasrul Abit dan Muslim Kasim-Fauzi Bahar. Kedua pasangan calon sudah disahkan melalui rapat pleno. (*)