Padang Panjang Dinilai Tim Kota Sehat Pusat

id Dinilai Tim Kota Sehat Pusat

Padang Panjang, (Antara) - Kota Padang Panjang, Sumatera Barat mendapat kunjungan dari tim penilai kota sehat dari pemerintah pusat untuk melakukan penilaian di sejumlah tatanan indikator yang diberlakukan.

"Tim penilai kota sehat sudah melakukan verifikasi selama dua hari di Padang Panjang yang berakhir hari ini," kata kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang Nuryanuward di Padang Panjang, Kamis.

Tim penilai kota sehat itu kata dia, melakukan penilaian di delapan indikator terkait penerapan kebijakan-kebijakan yang berimplikasi pada kota sehat.

Delapan tatanan tersebut, yakni kawasan permukiman dan sarana prasarana umum, kawasan sarana tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat.

Selanjutnya, katanya, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan kehidupan sosial yang sehat.

Ia mengatakan, undang-undang telah mengamanatkan kepada seluruh jajaran pemerintah, baik di pusat maupun daerah, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Salah satu upaya mendorong peningkatan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan stimulans, semangat perbaikan dan inovasi pelayanan serta melakukan penilaian untuk mengetahui gambaran kinerja yang objektif dari unit pelayanan," katanya.

Sebelumnya, Padang Panjang telah berhasil memperoleh penghargaan Swastishaba Wiwerda pada 2007 dan 2009 dengan lima tatanan kota sehat serta Swastishaba Wistara 2011 dan 2013.

Penghargaan itu diberikan sekali dua tahun dalam rangka Hari Kesehatan Nasional untuk motivasi pembangunan bidang kesehatan demi terwujudnya Indoneisa sehat.

Anggota DPRD Padang Panjang Novi Hendri berharap penilaian yang dilakukan itu bisa mendapatkan yang terbaik di bidang kesehatan.

"Namun dibalik itu yang terpenting adalah kebiasaan hidup sehat, sehingga masyarakat bisa terhindar dari segala macam penyakit," ujarnya. (*)