Satpol-PP Pastikan Solok Selatan Bersih dari APK

id Solok Selatan Bersih dari APK

Padang Aro, (Antara) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, memastikan mulai hari ini daerah itu akan bersih dari Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang oleh masing-masing pasangan calon kepala daerah.

"Kita sudah menertibkan APK calon kepala daerah bersama tim selama empat hari ini, dan dipastikan sekarang sudah bersih," kata Kepala Seksi Operasi, Satpol PP Solok Selatan, Mukhnizen di Padang Aro, Jumat.

Ia mengatakan, untuk penertiban baliho pasangan calon tahap pertama dilakukan pada 27 hingga 28 Agustus dan tahap dua pada 3 hingga 4 September 2015.

Yang paling bandel katanya, yaitu tim pasangan calon Gubernur dimana setelah ditertibkan pada tahap pertama mereka pasang kembali.

"Kita sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan jika ditemukan tim yang memasang kembali setelah ditertibkan maka akan diproses sesuai ketentuan hukum," katanya.

Satpol PP akan terus mengawasi lokasi pemasangan baliho dan jika masih ada yang memajangnya selain KPU akan diserahkan ke polisi.

Dikatakannya, setiap pasangan calon bupati hanya boleh memiliki posko satu per kecamatan.

Sedangkan untuk pasangan calon gubernur hanya boleh memiliki posko satu per kabupaten.

"Untuk baliho di posko pasangan calon sudah dikoordinasikan dengan mereka dan masing-masing pasangan calon sepakat menurunkannya sendiri," jelasnya.

Sementara itu Ketua KPU Solok Selatan, Isyuliardi Maas mengatakan sesuai aturan, APK sudah difasilitasi oleh KPU dan pasangan calon bisa membuat APK di luar yang tidak difasilitasi oleh KPU.

Sebagai contoh katanya, pasangan calon boleh membuat kalender, baju, payung, poster maksimal ukuran 10x5 centi meter dengan harga maksimal Rp25 ribu per item.

Sedangkan untuk titik pemasangan APK katanya, sudah ditentukan berdasarkan usulan dari kecamatan.

Sementara itu salah seorang warga Lakuak Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Yurnalis Wardi mengatakan, APK pasangan calon yang ada di lokasinya memang baru dibersihkan oleh Pol PP hari ini.

"Satpol PP membersihkan APK pasangan calon siang tadi dan sekarang sudah bersih," katanya. (*)