Dinkes Agam Distribusikan 92.000 Lembar Masker

id Distribusikan Masker

Lubuk Basung, (Antara) - Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mendistribusikan sebanyak 92.000 lembar masker ke Puskesmas untuk dibagikan kepada warga sebagai upaya mengantisipasi penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, Indra di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan ke 92.000 lembar masker dalam bentuk 1.840 kotak ini mulai didistribusikan ke puskesmas yang berada di Agam wilayah timur sejak Kamis (3/9).

"Setiap kotak berisikan sebanyak 50 lembar masker yang disalurkan kepada siswa di Agam wilayah timur melipiti Kecamatan Banuhampu, Baso, Tilatang Kamang, Kamang Magek, Sungai Pua, Palupuh, Ampek Koto, Ampek Angkek, Canduang dan Malalak," kata Indra.

Sebelumnya, tambah Indra, setiap Puskesmas juga memiliki persediaan masker sebanyak 5.000 lembar. Masker ini merupakan persediaan beberapa bulan lalu.

Sementara persediaan masker di Dinkes Kabupaten Agam sebanyak 116.950 lembar atau 2.339 kotak.

"Masker ini akan dibagikan kepada warga apabila kondisi udara semakin memburuk," katanya.

Saat ini, katanya, kondisi udara di Kabupaten Agam masih sedang. Namun masyarakat tetap disarankan untuk menggunakan masker apabila berada di luar rumah, sehingga terhindar dari penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Kita mengimbau siswa dan masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah, banyak mengkosumsi air minum dan lainnya," tambahnya.

Dengan kondisi udara seperti ini, ia meminta Puskesmas untuk memantau kesehatan masyarakat dan melaporkan kondisi setiap hari ke Dinkes Kabupaten Agam. (*)