Percasi Agam Adakan Kejuaraan Catur Non Master

id Kejuaraan Catur Non Master

Lubuk Basung, (Antara) - Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengadakan kejuaraan catur non master se-kabupaten itu di sekretariat Percasi Lubuk Basung, Sabtu.

Ketua Pelaksana Kejuaraan Catur Non Master, Budiman di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan kejuaraan ini diikuti sekitar 40 peserta yang berasal dari 16 kecamatan se-Kabupaten Agam.

"Kejuaraan ini berlangsung selama dua hari dimulai pada Sabtu (29/8) sampai Minggu (30/8). Usia peserta pada kejuaraan ini tidak dibatasi, karena kejuaraan catur tidak mengenal usia dan ini untuk melatih mental atlet dari Kabupaten Agam," kata Budiman.

Bagi pemenang satu sampai tiga, katanya, akan mendapatkan piala dan tabanas. Sementara juara empat sampai 10 mendapatkan tabanas dari panitia.

Ia menambahkan, terlaksananya kejuaraan ini berkat dukungan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Agam, pengurus Percasi Kabupaten Agam dan lainnya.

Sementara tujuan dari kejuaraan ini untuk melakukan evaluasi latihan yang selama ini dilakukan oleh para atlet dalam menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) di Kota Padang pada 2016 dan kejuaraan tingkat Provinsi Sumbar.

Lalu, melakukan konsilidasi dan evaluasi perolehan medali pada Poprov di Kabupaten Dharmasraya pada 2014 dengan perolehan medali perak yang diraih oleh atlet catur masa depan Kabupaten Agam atas nama Aditiawarman dengan usia delapan tahun.

"Kita berharap pada Poprov di Kota Padang nanti, atlet Kabupaten Agam bisa meraih medali emas," katanya.

Kedepan, tambahnya, Percasi Kabupaten Agam ingin mengadakan kejuaraan daerah (Kejurda) dan pihaknya berharap dukungan dari KONI Kabupaten Agam.

Wakil Ketua Percasi Kabupaten Agam, Rizal Nandes menambahkan, kejuaraan yang diadakan ini merupakan seleksi atlet yang akan mengikuti Poprov di Kota Padang, sehingga didapat atlet yang handal nantinya.

"Ini yang kita harapkan dari kejuaraan ini dan atlet catur Kabupaten Agam akan meraih medali emas nantinya," katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Agam, Martias Wanto mengapresiasi kejuaraan yang diadakan oleh Percasi Kabupaten Agam, karena kegiatan ini sangat strategis untuk melatih para atlet.

"Pertandingan ini merupakan latihan yang paling efektif, karena bisa melakukan evaluasi sejauh mana kemampuan seorang atlet dan kita sangat mendukung diadakan kejuaraan tersebut," katanya.

Martias Wanto berharap agar pengurus Percasi Kabupaten Agam memberikan pembinaan dan dukungan kepada atlet agar target emas saat Poprov nanti akan tercapai.

Terkait wacana pelaksanaan Kejurda, ia menantang Percasi Kabupaten Agam agar mengadakan Kejurda tersebut dan jangat takut dengan tidak adanya dana yang penting kemauan untuk mengadakan kegiatan tersebut. (*)