DKP Agam Tebar Tiga Juta Bibit Ikan

id tebar, bibit, ikan

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Agam menebar sekitar tiga juta bibit ikan di lubuk larangan, kolam milik masjid dan danau mini sejak Januari sampai Agustus 2015.

Kepala DKP Agam Ermanto di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan tiga juta bibit ikan itu jenis nila, mas, koi dan lainnya ini ditebar di lubuk larangan, kolam milik masjid dan danau mini yang tersebar di 16 kecamatan daerah itu.

"Bibit ikan ini berasal dari Balai Benih Ikan (BBI) Lubuk Basung dan BBI Gumarang Kecamatan Palembayan. Penebaran bibik ikan ini sudah memenuhi target pada 2015 dengan jumlah tiga juta ekor," katanya.

Ia menambahkan, penebaran benih ikan ini berdasarkan surat permohonan dari warga dan pengurus masjid kepada DKP Agam. Setelah itu, bibit ikan ini langsung diantar ke warga dan pengurus masjid tersebut.

Penebaran bibit ikan ini, tambahnya, dalam rangka menyukseskan program Agam menyemai yang digalakkan oleh Pemkab Agam semenjak 2010.

"Kita telah memberikan bantuan bibit ikan kepada masyarakat sekitar 10 juta ekor semenjak program ini diluncurkan," katanya.

Dengan cara ini, maka target produksi ikan dengan jumlah sekitar 70.000 ton akan tercapai pada 2015 nanti.

Agam dengan luas 2.232 km dan memiliki 16 kecamatan, mempunyai potensi perikanan seperti, kolam air tenang dengan luas 2.900 hektare dengan produksi sekitar 5.417 ton tiap tahun, keramba jaring apung sebanyak 14.341 unit dengan produksi 48.024 ton tiap tahun.

Sementara kolam air deras sebanyak 260 petak dengan produksi sekitar 5.241 ton tiap tahun, mina politan dengan luas 263 hektare dengan produksi 71 ton tiap tahun dan perikanan tangkap panjang pantai 43 kilometer dengan produksi sekitar 6.157 ton tiap tahun. (*)