Sumbar Targetkan Lolos PON di Kejurnas Batam

id target, lolos, PON

Padang, (AntaraSumbar) - Tim Bridge Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan untuk lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bridge yang akan berlangsung di Batam, 7 sampai 12 Semtember 2015.

"Pada Kejurnas tersebut merupakan babak kualifikasi untuk PON 2016 di Jawa Barat, target kami tim Sumbar mampu meraih tiket PON," kata Ketua Umum Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) Sumbar, Amran di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan, tim bridge Sumbar optimistis mampu melalui babak kualifikasi tersebut dengan lancar dan meraih tiket PON, mengingat persiapan yang dilakukan selama ini berjalan baik dan fokus.

Lebih lanjut ia menyebutkan, untuk mengikuti ajang Kejurnas tersebut, pihaknya akan menurunka sebanyak 18 atlet, yang terdiri enam atlet putri dan 12 putra.

Ia menambahkan, Kejurnas tersebut akan mempertandingkan sebanyak tiga nomor, yakni putra, putri dan campuran.

Amran juga mengungkap, untuk lolos ke PON Jawa Barat, tim bridge Sumbar minimal berada diperingkat tujuh pada nomor empat sekawan putra. Berbeda pada nomor empat sekawan putri dan campuran.

"Pada nomor putri dan campuran kami minimal berada pada peringkat lima besar," katanya.

Ia mengharapkan, seluruh atlet yang akan diturunkan tersebut tampil baik dan mengerahkan semua kemampuan terbaik pada ajang yang akan menentukan langkah berikutnya untuk PON 2016.

Ia menjelaskan, sebelum memastikan 18 atlet yang akan turun pada ajang itu, pihaknya melakukan seleksi awal terhadap 20 pasang atlet, yang dijaring dari Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2014.

Sementara itu, Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, Indra Jaya mengharapkan tim bridge Sumbar mampu memperbaiki prestasi dan meraih tiket PON.

"Besar harapan kami kepada tim bridge Sumbar agar mampu meraih tiket PON dan memperbaiki prestasi pada PON 2012 di Riau," katanya.

Pada PON 2012 di Riau, tim bridge Sumbar hanya mampu meloloskan atlet pada nomor campuran. (*)