Pemkab: Hentikan Pembakaran Saat Membuka Lahan Baru

id hentikan, pembakaran, hutan

Sarilamak, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota meminta semua masyarakat di daerah itu menghentikan pembakaran saat membuka lahan perkebunan baru untuk sementara waktu agar tidak memperparah kabut asap.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota Nasriyanto di Sarilamak, Sabtu, mengatakan hal itu disebabkan kualitas udara khususnya di daerah dan Sumbar pada umumnya dalam kondisi sedang.

"Kualitas udara di sebagian wilayah Sumbar termasuk di Kabupaten Limapuluh Kota berdasarkan kategori Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) sudah berada pada kondisi sedang hingga tidak sehat," kata dia.

Kemudian, pihaknya juga mengimbau untuk menghentikan pembakaran jerami serta sampah yang ada di sekitar pemukiman warga.

"Selain itu, bagi para petani yang sudah melakukan panen agar mengentikan pembakaran jerami, serta mengurangi pemusnahan sampah dengan api," kata dia.

Menurutnya, kebiasaan masyarakat setempat setelah musim panen maka batang padi yang sudah kering tersebut dibakar.

Pihaknya, meminta semua masyarakat agar mengurangi aktifitas di luar ruangan serta memakai masker.

Salah seorang petani di Kabupaten Limapuluh Kota Rusdi menilai sejak satu bulan terakhir merupakan waktu yang tepat bagi masyarakat yang untuk melakukan pembukaan lahan baru mengingat daerah itu dilanda cuaca panas.

"Sejak satu bulan terakhir daerah itu dilanda panas, dan sekarang waktu yang tepat untuk membuka lahan baru dan membakar rumput-rumput yang ada di kebun. Setelah musim hujan datang, tinggal bercocok tanam," kata dia. (*)