Sawahlunto Gelar Pemilihan Duta Wisata Cilik 2015

id Duta Wisata Cilik 2015

Sawahlunto, (Antara) - Pemerintah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, menggelar kegiatan Grand Final Pemilihan Uda-Uni Cilik 2015, yang dipusatkan di kawasan Lapangan Segitiga, Sabtu.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat, Musnawati di Sawahlunto, Sabtu, mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat anak, sebagai bagian dari perwujudan kota itu menjadi kota layak anak.

"Para peserta sudah dibina sejak Jumat (4/9), tentang pengetahuan dasar kepariwisataan dan pengetahuan lainnya, sebagai bekal mereka dalam menginformasikan potensi wisata dan budaya lokal di lingkungannya masing-masing," kata dia.

Di samping itu, jelasnya, anak-anak calon duta wisata cilik tersebut juga ditanamkan rasa kebanggaan terhadap produksi negeri sendiri, yang ditunjukkan pada sebuah parade dengan menggunakan pakaian berbahan tenun dan songket Silungkang, pada saat grand final Pemilihan Duta Wisata Cilik 2015.

Sehingga, lanjutnya, proses regenerasi dalam membangun visi kota wisata tambang yang berbudaya, bisa terus diwariskan ke segmentasi terkecil yakni lingkungan si anak.

"Tidak menutup kemungkinan kegiatan ini juga berpotensi memunculkan bakat-bakat positif anak usia dini, untuk diasah agar semakin terampil sehingga mampu memberikan kebanggaan bagi dirinya sendiri dan orangtua serta kota ini sebagai bagian dari negara Indonesia," kata dia.

Sementara itu, salah satu instruktur kegiatan tersebut yang juga finalis pemilihan Uda-Uni Wisata 2015, Siti Asshari, mengatakan pengetahuan serta bakat yang ditampilkan 55 orang peserta utusan beberapa sekolah dasar tersebut pada sesi pembekalan, cukup memiliki kualitas untuk seukuran usia mereka.

Menurutnya, mengenalkan seni budaya serta potensi Kota Sawahlunto kepada mereka merupakan sebuah langkah baik, untuk menopang kelangsungan kota itu sebagai salah satu kota tujuan wisata di Sumatera Barat

"Salah satunya dapat dilihat dari antusiasnya mereka saat mengikuti kegiatan "City Tour", dengan mengunjungi beberapa bangunan tua dan museum yang ada, dalam konteks wisata sejarah," jelasnya.

Dia berharap, kegiatan tersebut mampu mendorong semangat generasi muda sebagai penerus dalam melanjutkan estafet pembangunan bangsa dan negara dengan segala kekayaan ragam budaya yang dimilikinya.

"Ini bukan sekedar terpilih atau tidak terpilih, melainkan bagaimana anak-anak mampu menyadari pentingnya sebuah perjuangan sekaligus bisa mengakui keunggulan orang lain dalam sebuah kompetisi yang sehat dan adil," kata dia.

Pada kegiatan tersebut, akan dipilih masing-masing sepasang Duta Wisata Cilik, Wakil I dan Wakil II Kota Sawahlunto. Disamping itu, peserta juga akan memperebutkan gelar Best Costum Duta Wisata 2015, Duta Wisata Favorit serta Duta Wisata Berbakat.

Masing-masing pemenang akan memperoleh uang tunai, tropy dan piagam serta berbagai hadiah menarik lainnya. (*)