Pemkot Pariaman Adakan Lomba Lari Maraton se-Sumbar

id Lomba Lari Maraton se-Sumbar

Pariaman, (Antara) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat, berencana mengadakan lomba lari maraton se-Sumbar pada Minggu (6/8) guna memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2015.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat, Kanderi di Pariaman, Sabtu, mengatakan selain memperingati Haornas, lomba lari maraton itu juga diyakini akan bisa memasyarakatkan olahraga agar masyarakat lebih sehat

"Peserta tidak dibatasi, namun akan dipilah menjadi dua kategori," kata dia.

Untuk kategori pertama akan diikuti oleh siswa dan pelajar se-Kota Pariaman, sedangkan untuk kategori umum akan diikuti oleh para orang dewasa se-Sumbar.

Kanderi menjelaskan, start lari maraton akan dimulai di Pantai Gandoriah dan kembali finish di tempat awal. Untuk mengikuti lomba lari maraton tersebut semua peserta tidak akan dipungut biaya apa pun.

"Khusus bagi para pelajar, mereka harus memiliki dan menyerahkan kartu pelajar serta rekomendasi dari pihak sekolah sebagai syarat," jelasnya.

Hingga saat ini, tercatat sudah 700 lebih peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba lari maraton yang akan memperebutkan total hadiah Rp38 juta.

Untuk pelajar sendiri akan menempuh jarak lari maraton sepanjang lima kilometer, dan 10 kilometer untuk peserta umum.

Tim juri akan didatangkan dari pihak Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kota Pariaman.

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, Pemkot setempat menghabiskan dana Rp135 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) setempat.

"Biaya keselurahan tergabung dengan berbagai kegiatan lain untuk memperingati HUT RI ke-70 yang dilaksanakan oleh Pemkot setempat," ucap dia. (*)