Abu Vulkanik Sinabung Selimuti Simalungun

id Erupsi, sinabung, abu, vulkanis

Simalungun, (AntaraSumbar) - Kawasan Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, diselimuti abu vulkanik yang diduga kiriman dari Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, kira-kira satu jam, Selasa siang.

Kondisi yang sama diperkirakan terjadi di sejumlah kecamatan di atas kawasan Kecamatan Raya yang berdekatan dengan Kabupaten Karo, seperti Pamatang Silimahuta, Silimakuta, dan Purba.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Simalungun, Misliani Saragih membenarkan adanya abu vulkanik yang diduga dari Gunung Sinabung menyelimuti wilayah Kabupaten Simalungun.

"Selama sekitar satu jam mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB," sebut Misliani.

J Saragih (41 tahun), warga Kecamatan Raya mengatakan, keadaan ini membuat petani sempat menghentikan kegiatan untuk sementara, memilih tetap berada di dalam rumah, dan beraktivitas kembali menjelang siang.

Petani membersihkan tanaman dari abu vulkanik dengan menyiramkan air serta melakukan penyemprotan untuk menjaga kemungkinan terjadinya kerusakan.

Sementara pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tuan Rondahaim Saragih membagikan kira-kira 2.500 masker kepada masyarakat dan PNS yang bertugas di satuan kerja kompleks perkantoran di Pamatang Raya. (*)