Unand Berkesempatan Kerja Sama dengan Tiongkok

id Unand, Kerjasama, Tiongkok

Padang, (AntaraSumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang mendapat kesempatan kerja sama dengan pemerintah Tiongkok di masa yang akan datang.

"Kerja sama itu terkait pertukaran mahasiswa dan dosen, pembangunan kampus serta kelengkapan sarana prasarana," kata Rektor Unand Prof. Werry Darta Taifur, di Padang, Rabu.

Dia menyebutkan awal kerja sama ini yakni adanya undangan dari pemerintah Tiongkok kepada Unand untuk datang meninjau dunia pendidikan di negara tersebut.

Selama seminggu katanya delegasi dari Unand yang terdiri atas rektor dan Dekan mengunjungi beberapa instansi pendidikan dan pembangunan di Tiongkok.

Selain itu juga bertemu dengan berbagai pimpinan dan tokoh pendidikan.

Dalam pertemuan tersebut katanya, Unand mendapat tawaran untuk ikut serta dalam "Asian Student Camp" di Guangji.

Disamping itu Unand juga mendapat kesempatan kerja sama untuk pembangunan pendidikan dan universitas secara internasional.

"Kesempatan ini menjadi peluang Unand untuk melakukan internasionalisasi kampus," katanya.

Dengan adanya kerja sama dengan negara Tiongkok tersebut misalnya dalam pertukaran mahasiswa akan menguntungkan bagi Unand dalam promosi kampusnya.

Menurutnya semakin banyak mahasiswa Unand yang dikirim ke luar negeri dapat membuka lebar popularitas Unand di mata dunia internasional.

"Hal ini juga membuka jalan bagi Unand untuk mendapat predikat Universitas Kelas Dunia," ucapnya.

Sementara itu Kemenlu melalui Dirjen Hukum dan Perjanjian Internasional Feri Adamhar mengapresiasi adanya kerja sama antara Unand dan pemerintah Tiongkok tersebut.

Menurutnya hal ini dapat meningkatkan hubungan diplomasi antara Indonesia dan Tiongkok terutama dalam bidang pendidikan tinggi. (*)