Payakumbuh Targetkan Lima Besar Pada Porprov ke-XIV

id Porprov ke-XIV

Payakumbuh, (Antara) - Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), menargetkan peringkat lima besar pada Pekan Olehraga Provinsi (Porprov) ke-XIV yang akan diselenggarakan 2016 di Padang.

Wakil Wali Kota (Wawako) Payakumbuh Suwandel Muchtar di Payakumbuh Minggu mengatakan untuk mencapai target tersebut bukan dilakukan dengan mengimpor atlet dari luar daerah.

"Datang bukan membawa atlet impor, karena mendapatkan prestasi dengan carai itu tidak membanggakan.

Ia mengatakan, Pemkot Payakumbuh telah menjalani pembinaan prestasi yang sesuai dengan sportifitas olahraga.

Ke depan, kata dia, pihaknya akan terus memberikan dukungan kepada seluruh cabang olahraga, berupa melengkapi fasiltas untuk berlatih bagi atlet.

Untuk itu, pihaknya meminta seluruh pelaku olahraga kota tersebut agar bersinergi dalam membina atlet sehingganya mereka mampu mendulang prestasi, baik di tingkat provinsi maunpun nasional.

Wawako menekankan, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), dan Dinas Pendidikan agar bekerjasama membina atlet.

"Kami tidak ingin sinergisitas hanya sebatas buah bibir semata, tetapi diaplikasikan secara nyata," kata dia.

Ketua Umum KONI Payakumbuh Dedrizal mengatakan akan segera mempersiapkan atlet yang akan diutus pada ajang tersebut sehingga dapat mencapai prestasi sesuai dengan yang ditargetkan.

"Harapan itu akan segera terwujud apabila semua pengurus cabang olahraga (cabor) mempunyai komitmen untuk itu," kata dia.

Salah seorang warga Payakumbuh Yendra menilai pemerintah setempat masih mempunyai waktu yang cukup untuk membina atlet sebelum pelaksanaan Porprov tersebut.

"Yang penting, bagaimana pemerintah daerah mampu memaksimalkan waktu yang tersisa untuk membina atlet, sehingga tidak membawa atlet impor pada ajang tersebut," kata dia. (*)