Padang Gelar Lomba Mengecat Sampan Meriahkan KTT-IORA

id Mengecat Sampan Meriahkan KTT-IORA

Padang, (Antara) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, akan menggelar lomba mengecat sampan antar-nelayan dalam rangka memeriahkan Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT-IORA) yang akan digelar pada 20-23 Oktober 2015.

"Kita akan memilih 20 sampan terbaik dengan gambar bendera dari negara-negara yang akan mengikuti KTT-IORA," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang, Zalbadri di Padang, Senin.

Ia menjelaskan, sampan-sampan yang keluar sebagai pemenang akan melakukan parade yang akan disaksikan oleh perwakilan dari peserta KTT-IORA.

Menurutnya, kegiatan ini sangat baik karena masyarakat ikut berpartisipasi secara langsung dalam memeriahkan KTT-IORA sehingga masyarakat tidak hanya menjadi penonton.

"Undangan sudah kami berikan kepada para nelayan, hanya tinggal menunggu konfirmasi dari mereka saja untuk menentukan siapa saja nelayan yang mengikuti lomba ini," jelasnya.

Ia mengatakan dalam lomba ini tidak dipungut biaya sama sekali dari peserta, pemkot akan menyediakan perlengkapan untuk mengecat sampan.

"Rencananya dalam lomba ini nelayan akan mulai mengecat dari tanggal 5 Oktober sampai 20 Oktober 2015, setelah itu baru dilakukan parade," katanya.

Pembukaan KTT-IORA akan dilakukan pada 20 Oktober 2015 yang digelar di dua tempat berbeda, yaitu Padang dan Jakarta.

"Pembukaan KTT-IORA akan dilaksanakan di Padang, sedangkan di Jakarta digelar pertemuan perwakilan KADIN dari 20 negara yang tergabung dalam IORA," kata Fungsional Diplomat Kementerian Luar Negeri, Budhi Prihatno saat mengunjungi Kota Padang belum lama ini.

Menurut Budhi, digelarnya IORA akan membawa banyak efek bagi Indonesia dan Padang sendiri. Untuk Indonesia merupakan langkah awal memimpin IORA yang merupakan organisasi regional untuk mengeksplorasi potensi yang ada.

"Sementara bagi Padang akan mendatangkan investor dari negara-negara peserta IORA,"tambahnya. (*)