Solok Selatan Sediakan 41 Penerjemah Peserta TdS

id TdS, Solok Selatan, penerjemah

Padang Aro, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menyediakan 41 penerjemah empat bahasa guna membantu komunikasi para pebalap Tour de Singkarak (TdS) saat di lokasi finish.

Koordinator pemandu A Rahman di Padang Aro, Senin, sudah mempersiapkan 41 orang yang pandai berbahasa Indonesia, Jepang, Inggris dan Arab untuk membantu para pebalap saat di lokasi finish.

"Para pemandu ini terdiri atas siswa dann mahasiswa yang bisa berbahasa asing," katanya.

Semua pemandu ini, katanya, merupakan warga asli Solok Selatan. "Ini juga kesempatan bagi mereka untuk lebih memfasihkan bahasa asing yang mereka kuasai," ujarnya.

Salah seorang pemandu, Ayu mengatakan, selain untuk memandu saat di lapangan, juga membantu para penerjemah untuk lebih memperlancar kemampuan berbahasa Inggris.

"Saya warga Solok Selatan, masih kuliah dan menjadi asisten dosen di Universitas Negeri Padang (UNP)," katanya.

Untuk Solok Selatan sendiri masuk etape IV dengan rute Sawahlunto-Solok Selatan yang akan dilaksanakan pada Selasa (6/10) .

Saat ini pendukung acara lokasi finish sudah menampilkan berbagai produk UKM di halaman kantor Bupati setempat.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Solok Selatan Akhirman mengatakan, TdS merupakan momen yang bagus untuk memperkenalkan produk-produk asli Solok Selatan karena selain para pebalap dan ofisial, ada tamu-tamu baik dari provinsi maupun pusat yang hadir dalam event internasional itu.

Selain itu, pada ajang balap sepeda setahun sekali ini, hadir juga para jurnalis lokal, nasional, dan internasional. (*)