Petani Padang Panjang Temu Lapangan PPHT

id Temu Lapangan PPHT

Padang Panjang, (Antara) - Petani Kota Padang Panjang, Sumatera Barat temu lapangan untuk mengetahui Penerapan Pengandalian Hama Terpadu (PPHT) bagi tanaman pangan dan holtikultura.

"Banyak manfaat dari temu lapangan ini bagi petani untuk perkembangan tanaman khususnya holtikultura," kata Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Panjang Mawardi ketika acara temu lapangan petani setempat di Padang Panjang, Selasa.

Dalam pertemuan itu hadir para petani Padang Panjang yang diwadahi oleh kelompok tani yang ada di kota yang berjuluk "Serambi Mekah" itu, Muspida Plus dan undangan lainnya .

Menurut Wawako temu lapangan PPHT itu banyak manfaatnya, sehingga bisa mengetahui seberapa ilmu yang sudah dimiliki para petani selama penerapan hama terhadap tanaman.

"PPHT akan bisa meningkatkan hasil pertanian, karena sebelum hama menyerang tanaman terlebih dahulu sudah di kendalikan melalui beberapa cara," ujarnya.

Para petani dalam pertemuan itu saling berbagi ilmu sejauh mana penerapan PPHT pada tanaman yang dikelolah oleh petani di Padang Panjang.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Panjang Candra menyebutkan, dalam PPHT banyak hal yang harus diperhatikan oleh petani, mulai dari penggunaan pupuk hingga racun pembasmi hama.

"Tidak itu saja, dalam merawan tanaman, diperlukan perhatian khusus secara berkala untuk melihat perkembangan hama tanaman, sehingga bisa dilakukan tindakan preventif secepatnya," katanya.

Dalam temu lapangan petani itu, juga dilakukan panen perdana cabe pada kelompk tani Sepakat Utara Kelurahan Bukit Surungan Kecamatan Padang Panjang Barat.

Ketua kelempok Tani Sepakat Utara Efendi menganggap penerpaan PPHT itu sangat bermanfaat pada hasil pertanian tanaman holtikultura.

"Pada tanaman cabe, ada terlihat peningkatan hasil pertanian setelah adanya penerapan PPHT," ujarnya. (*)