DPRD Sumbar Anggarkan Dana Pilkada Rp78 Miliar

id Pilkada Sumbar

Padang, (Antara) - DPRD Sumatera Barat mengalokasikan anggaran untuk Komisi Pemiilihan Umum (KPU) Sumbar sebanyak Rp78 miliar untuk penyelenggaraan Pilkada serentak 2015.

"Jumlah ini merupakan usulan KPU dalam pembahasan KUA-PPAS 2015 dan menjadi keputusan akhir dalam rapat badan anggaran (Banggar)," kata anggota Banggar DPRD Sumbar, Hidayat di Padang Selasa.

Ia mengatakan, anggaran sebesar itu memang sangat besar, karenanya untuk tahap awal akan diberikan sekitar Rp60 miliar mengingat mata anggaran 2015 banyak yang terkoreksi.

Selain itu anggaran untuk Pilkada bukan hanya bersumber dari dana provinsi saja, namun kabupaten/kota juga menganggarkan dana untuk pilkada.

Karenanya jika anggaran tersebut berlebih dari yang dianggarkan maka akan dicatat dan dilaporkan.

"Jika usulan Rp78 miliar tersebut dikurangi dicemaskan pelaksanaan Pilkada akan terganggu. Namun jika nanti ada kelebihan akan dicatat dan bisa dikembalikan, katanya.

Hal senada Sekretaris Fraksi PKS yang juga anggota Banggar DPRD Sumbar, Mochlasin mengatakan anggaran Rp78 miliar yang diberikan untuk penyelenggaraan pilkada telah melalui proses dan kajian mendalam.

"Jika dikurangi kita khawatir kegiatan pilkada terganggu," katanya.

Namun setelah melihat kajian yang dilakukan KPU hal itu bisa diterima tentu dengan catatan jika dana itu berlebih akan dikembalikan, dan dilaporkan kembali, ujarnya. (*)