Pemkot Targetkan LPI Lahirkan Pesepakbola Muda Berprestasi

id LPI Padang

Padang, (Antara) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat, menargetkan Liga Pendidikan Indonesia (LPI) dapat melahirkan pesepak bola muda berbakat dan berprestasi dari kota setempat.

"Para pemenang kompetisi antar-pelajar SMP dan SMA ini akan memiliki kesempatan untuk mendapat pelatihan sepakbola," kata Kepala Seksi Pendidikan Olahraga dan Rekreasi, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Padang, Nofiardi di Padang, Rabu.

Untuk pelajar tingkat SMP berkesempatan mengikuti pelatihan sepakbola di Pusat Pendidikan dan Latihan Provinsi (PPLP) Sumbar.

Sementara untuk tingkat SMA, ditargetkan dapat bergabung di tim U-17 klub-klub sepakbola di Sumbar seperti Semen Padang, PSP, dan Taruna Mandiri.

Mereka yang berhasil bergabung di tim U-17 tersebut dapat mengikuti kompetisi Piala Soeratin yang rencananya juga akan kembali digelar, kata dia.

Ia mengungkapkan, tim yang berhasil lolos mulai dari tingkat regional hingga nasional di Piala Soeratin dapat bergabung di tim nasional U-19.

Piala Soeratin itulah yang menjadi cikal bakal timnas U-19 dan menjadi penerus sepakbola di negri ini, ujarnya.

Ia mengatakan, LPI tersebut dilaksanakan dengan sistem setengah kompetisi dengan peserta terdiri dari 48 tim dari jenjang SMP yang dibagi dalam 16 grup, dan 29 tim dari jenjang SMA yang dibagi dalam 10 grup.

Babak penyisihan grup tingkat SMP dilaksanakan mulai tanggal 5 hingga 8 Oktober 2015 dan untuk SMA mulai tanggal 12 hingga 14 Oktober 2015 karena menunggu selesainya ujian bagi pelajar SMA, kata dia.

Setelah babak penyisihan grup, kompetisi akan dilanjutkan dengan sistem gugur, ujarnya.

Kompetisi tersebut diselenggarakan di tiga lapangan yaitu, Stadion Agus Salim, Lapangan PS Ulak Karang Putra dan Lapangan BBC Batuang Taba Lubuk Begalung dengan wasit dari Asosiasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Padang.

Ia mengatakan, kompetisi tersebut berhadiah Rp4juta bagi juara pertama, Rp3juta bagi runner-up dan Rp2juta bagi peringkat ketiga. Para pemenang juga akan diserahi medali dan bagi juara pertama direncanakan mendapat tropi bergilir berupa piala walikota.

Sementara itu, manajer tim SMP 8 Iffa Royandi mengatakan menargetkan timnya mampu lolos di babak penyisihan grup dan para anggota tim memiliki harapan mampu menembus final dan menjuarai kompetisi. (*)