Polres-Pemkab Pasaman Barat Gelar Apel-Gladi Bersih TdS

id TdS, Pasaman Barat, Galdi, Bersih

Simpang Ampek, (AntaraSumbar) - Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat bersama pemerintah setempat mengadakan apel gelar pasukan pengamanan Tour de Singkarak (TdS) dan dilanjutkan gladi bersih, Rabu.

"Pasaman Barat mendapatkan jadwal TdS pada Jumat (9/10) dan Sabtu (10/10). Tentu kegiatan ini sebagai bentuk persiapan kami dalam menyambut ajang tahunan tersebut," kata Pj Bupati Pasaman Barat, Fajaruddin didampingi Plh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Armen, Rabu.

Menurutnya ajang balap sepeda yang diadakan setiap tahun tersebut merupakan kesempatan bagi Pasaman Barat agar semakin dikenal oleh pihak luar.

"Tentunya untuk menyukseskan TdS dibutuhkan kerja sama semua pihak mulai dari Pemkab, Polri, TNI dan segenap lapisan masyarakat.

"Mari sukseskan TdS ini karena akan diikuti oleh para pembalap dari berbagai negara," ujarnya.

Kepala Bagian Ops Polres Pasaman Barat, Kompol Masriful didampingi Kepala Satuan Intelkam, AKP Muzhendra mengatakan apel gelar pasukan bertujuan untuk melihat kesiapan personil dalam pengamanan TdS nantinya.

"Khusus untuk personil Polri akan diturunkan sekitar 320 orang ditambah TNI, Dishub, Satpol PP dan lainnya yang berjumlah mencapai lebih kurang 500 orang,"ujarnya.

Setelah melaksanakan apel gabungan, Pemkab Pasaman Barat bersama Polres melakukan gladi bersih untuk persiapan star pada Sabtu (10/10) mulai dari Simpang Ampek sampai Batang Timah berbatasan dengan Kabupatdn Pasaman.

"Sekitar 500 orang mengikuti gladi bersih yang dimulai dari depan kantor bupati menggunakan sepeda motor menuju Batang Timah,"ujarnya.

Sebelumnya glasi bersih juga telah dilakukan untuk etape 7 mulai Tinggam perbatasan dengan Kabupaten Pasaman sampai Simpang Ampek.

Ia menyebutkan Pasaman Barat untuk 2015 memperoleh jatah finis dan star. Pada Jumat (9/10) para pembalap akan star dari Bonjol Kabupaten Pasaman dan finis di Simpang Ampek dengan panjang rute 121,1 kilometer.

Setelah itu para pembalap akan bermalam di Simpang Ampek. Kemudian pada Sabtu (10/10) para pembalap akan star dari bundaran Simpang Ampek dan finis di Puncak Lawang Kabupaten Agam dengan rute 138,8 kilometer.

"Ada sekitar 36 negara akan mengikuti TdS dengan 26 tim. Mereka akan menginap di sembilan hotel yang ada di Pasaman Barat," sebutnya. (*)