Polres Padangpariaman Menyiapkan Pengamanan "Tour De Singkarak"

id Polres, Padangpariaman, TdS

Padangpariaman, (AntaraSumbar) - Kepala Kepolisian Resor Padangpariaman AKBP Rudi Yulianto mengatakan pihaknya menyiapkan sebanyak 301 personel untuk mengamankan pelaksanaan Tour de Singkarak etape VI dan IX pada 8 dan 11 Oktober 2015.

"Sebagai informasi bahwa di wilayah hukum kami masih melakukan pengamanan untuk dua etape balapan sepeda TdS yaitu Etape VI pada Kamis, 8 Oktober 2015 dan Etape IX pada Minggu tanggal 11 Oktober 2015," katanya di Parit Malintang, Rabu.

Ia menjelaskan rute balapan sepeda etape VI TdS pada Kamis (8/10) dimulai dari Kota Bukittinggi yang akan melewati jalan raya Malalak kemudian masuk ke simpang Koto Mambang wilayah Padangpariaman, berbelok kiri mengarah ke jalan Simpang Tiga Sicincin sampai di Kecamatan Kayu Tanam hingga daerah lembah Anai yang berbatasan langsung dengan Kota Padang Panjang.

"Untuk etape VI ini sudah kita identifikasi ada 96 titik pengamanan dan kita menyiapkan sebanyak 165 personil," ujarnya.

Sedangkan untuk rute etape IX balapan sepeda TdS pada Minggu (11/10), tambah Rudi, akan melewati jalan lurus mulai dari Lembah Anai hingga jalur jembatan layang Simpang Bandara BIM Ketaping yang lebih dahulu melewati wilayah Kecamatan Sicincin, Lubuk ALung, dan Batang Anai.

"Pada etape IX balap sepeda Tour de Singkarak nanti kami akan menyiapkan sebanyak 136 personil lebih sedikit dibandingkan Etape sebelumnya dikarenakan pada jalur ini jalan yang akan ditempuh para pebalap relatif lurus dengan titik pengamanan sebanyak 136 titik," ujarnya.

Untuk pengamanan rute balapan sepeda TdS pada Etape VI dan IX tersebut, lanjutnya, pihak kepolisian akan melakukan sterilisasi yakni dengan menutup semua akses jalan dari para pengendara baik itu kendaraan roda dua mapun roda empat hingga selesai dilewati oleh para pebalap TdS.

"Kami imbau kepada masyarakat yang akan bepergian pada hari Kamis besok dan hari Minggu nanti kita akan sterilkan jalan mulai pukul 11.00 WIB baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat, kemudian khusus untuk mobil truk-truk besar kita berhentikan dulu sementara dimulai pukul 10.00 WIB," kata dia.

Ia juga berharap kepada warga yang rumahnya berada di pinggir jalan untuk tida melepas hewan ternak dan mengikatkan hewan ternaknya.

Sementara bagi masyarakat yang mendirikan tenda di pinggir jalan untuk mengadakan pesta pernikahan agar ditunda dulu, hal ini demi mensukseskan iven perlombaan Internasional balapan sepeda TdS 2015 sekaligus menjaga nama baik wilayah hukum Polres Padangpariaman dimata dunia. (*)