Payakumbuh Upaya Pacu Itik Jadi Wisata Nasional

id Payakumbuh, Pacu, Itik

Payakumbuh, (AntaraSumbar) - Anggota DPRD Payakumbuh, Yendri Bodra mengatakan, daerah itu mengupayakan pacu itik menjadi budaya wisata nasional dengan memanfaatkan event Tour de Singkarak (TdS) 2015.

"Pacu itik adalah permainan anak nagari yang merupakan satu-satunya di dunia dan kami harapkan menjadi icon dunia," katanya di Payakumbuh, Rabu.

Ia mengatakan, telah memberi dorongan kepada Dinas Pariwisata setempat untuk menyampaikan ke provinsi kemudian provinsi mendorong ke pada pusat agar pacu itik menjadi salah satu aset wisata nasional.

"Event pacu itik sudah menjadi agenda wajib di Payakumbuh. Di samping meningkatkan pariwisata, akan tetapi juga memperkenalkan daerah kita ke dunia internasional," katanya.

Ia berharap, dengan event TdS dapat meningkatkan kualitas Kota Payakumbuh di bidang pariwisata serta pembinaan yang intensif dan profesional diharapkan akan mempercepat proses lebih terkenalnya olahraga ini di mancanegara.

Pacu itik merupakan salah satu permainan anak nagari di Payakumbuh tepatnya kawasan Kanagarian Aur Kuning.

Selain itu, pacu itik melikili tingkatan jarak terbang diantaranya 800 meter, 1.200 meter dan 1.600 meter.

Penentuan pemenang pacu itik ini berdasarkan itik yang lebih awal sampai di garis finis.

Menurut warga Payakumbuh Robi (35), penonton lomba ini ikut bangga dengan atraksi permainan anak nagari pacu itik yang merupakan tradisi yang unik.

"Saya sebagai warga Payakumbuh cukup terkagum melihat itik yang terbang di udara, apalagi wisatawan asing," katanya. (cpw)