Pebalap TdS Etape Tujuh Lewati Objek Wisata

id Lewati Objek Wisata

Simpang Ampek, (Antara) - Para pembalap pada etape tujuh yang dimulai dari Tugu Equator Bonjol Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar) dengan finis di Simpang Ampek Kabupaten Pasaman Barat akan melewati sejumlah objek wisata di sepanjang 121,1 kilometer.

"Benar, sejumlah objek wisata menjadi daya tarik bagi pembalap. Baik di Kabupaten Pasaman maupun di Kabupaten Pasaman Barat,"kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasaman Barat, Armen di Simpang Ampek, Jumat.

Ia mengatakan mulai start di Tugu Equator Bonjol Kabupatean Pasaman Barat yang merupakan jalur katulistiwa dan manjadi objek wisata di daerah itu, setelah itu melewati objek wisata air panas Rimbo Panti.

Selain objek wisata Rimbo Panti yang merupakan daerah hutan lindung sarat dengan pohon-pohon besar dan lereng bukit yang masih hutan yang masih perawan.

Lalu di Kilometer 45 dari titik start atau masih sekitar daerah Rimbo Panti akan mendapat lokasi wisata air panas para pebalap akan melintas areal ini.

Jalur pebalap sepeda berikutnya di KM 93 akan menemukan objek wisata Lereng Gunung Talamau dengan ketinggian 2.982 meter.

Gunung Talamau mempunyai keunikan tersendiri yaitu pada puncaknya terdapat banyak telaga, dan umumnya jumlah telaga tersebut selalu berbeda-beda dan tidak selalu sama setiap dijumpai para pendaki. Jumlah yang umum terlihat adalah 13 telaga.

Selepas melewati Lereng Gunung Talamau, para pebalap juga melewati objek wisata Lubang Jepang yang merupakan peninggalan saat perjuangan dahulu kalanya.

"Mudah-mudahan palaksanaan etape 7 berjalan dengan lancar. Start diperkirakan akan dimulai pada pukul 14.00 WIB dan finis sekitar pukul 16.00 WIB," ujarnya. (*)