Polres Siapkan Mobil Derek di Lintasan TdS

id Polres Siapkan Mobil Derek

Lubuk Basung, (Antara) - Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat, menyiapkan satu unit mobil derek untuk membawa kendaraan yang mogok di rute yang akan dilalui peserta Tour de Singkarak (TdS) pada etape delapan pada Sabtu (10/10).

Kapolres Agam AKBP Eko Budhi Purwono di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan mobil derek ini disediakan untuk membawa mobil yang rusak atau mogok di rute itu sebelum peserta TdS melewati jalan tersebut.

"Mobil yang rusak ini nantinya akan kita bawa ke daerah lebih aman yang tidak mengganggu lintasan pebalap," kata Eko.

Ia menambahkan, mobil derek yang disediakan ini milik Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Agam, dan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan dinas tersebut.

Rute yang akan dilalui ini mulai dikosongkan satu jam sebelum star di Simpang Ampek, Kabupaten Pasaman Barat menuju Puncak Lawang Kecamatan Matur.

Setiap persimpangan akan ditempatkan personel untuk mengamankan lalu lintas.

Saat TdS tambahnya, Polres Agam mengerahkan sebanyak 298 personel untuk mengamankan rute yang akan dilalui.

Lalu pengamanan ini juga didukung oleh Kodim 0304/Agam, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhubungan Komunikasi Informatika, RAPI dan Dinas Kesehatan dengan jumlah sebanyak 247 orang.

Sementara teknis pengamanan dengan cara membagi jalur menjadi enam ruas. Ruas pertama dari Padang Sawah sampai batas Kecamatan Ampek Nagari, ruas kedua dari Kecamatan Ampek Nagari sampai Sungai Aua.

Sedangkan ruas ketiga dari Sungai Aua sampai Simpang Gudang, ruas ke empat dari Simpang Gudang sampai pusat kota Lubuk Basung, ruas kelima dari pusat kota sampai Pasar Maninjau, ruas ke enam di Kelok 44.

"Tangung jawab ruas satu sampai lima diberikan kepada masing-masing Polsek. Untuk Kelok 44 dilakukan secara khusus dengan cara mengerahkan enam mobil patroli untuk membersihkan kendaraan yang parkir di Kelok 44 tersebut," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Agam, Hadi Suryadi menambahkan, persiapan 'finish' pada etape delapan dari Simpang Ampek Kabupaten Pasaman Barat menuju Puncak Lawang Kecamatan Matur sudah mencapai 100 persen.

Penyerahan hadiah bagi pemenang pada etape delapan ini nantinya akan dilakukan di Lawang Park.

"Kita menampilkan kesenian tradisional, kuliner asli Kabupaten Agam dan lainnya," katanya. (*)