BMKG Perkirakan Curah Hujan Sumbar November Sedang

id Curah Hujan Sumbar November Sedang

Padang, (Antara) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Iklim Sicincin, Sumatera Barat (Sumbar) memperkirakan curah hujan di daerah itu pada November secara umum berkategori sedang hingga tinggi.

"Curah hujan berkisar 201 milimiter sampai dengan 500 milimeter," kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Sicincin Goeroeh Tjiptanto saat dikonfirmasi di Padang, Jumat.

Menurut dia curah hujan kategori menengah terjadi di wilayah Sumbar bagian timur dan selatan seperti Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok dan Kabupaten Dharmasraya.

Sedangkan untuk curah hujan tinggi diperkirakan terjadi bagian barat dan utara wilayah Sumatera Barat, ujar dia.

Sifat hujan November 2015 di wilayah Sumbar diperkirakan berada pada kisaran normal, namun ada beberapa wilayah kecil diperkirakan sifat hujannya pada kategori atas normal dan bawah normal.

Untuk curah hujan antara 401 milimeter hingga 500 meter terjadi di Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang.

Ia menjelaskan hujan satu milimeter adalah air hujan yang jatuh di permukaan bumi sebanyak satu liter pada luasan satu meter persegi dengan anggapan bahwa air tersebut tidak mengalir, meresap atau menguap.

Sementara sifat hujan adalah perbandingan antara jumlah curah hujan yang terjadi selama satu bulan dengan nilai rata-rata atau normal dari bulan tersebut di suatu tempat yang dibagi menjadi tiga kriteria.

Sifat hujan atas normal terjadi jika nilai perbandingannya diatas 115 persen, sementara normal jika nilai perbandingannya antara 85 persen 115 persen dan bawah normal jika nilai perbandingannya kurang dari 85 persen, kata dia.

Sementara Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padang sedang melakukan perbaikan got dan sungai serta pengerukan riol jalan untuk antisipasi banjir menjelang musim hujan .

"Mengantisipasi terjadinya banjir akan diutamakan perbaikan di hulu sungai, sekarang Balai Wilayah Sungai Sumatera V sedang melaksanakan perbaikan di Sungai Batang Kuranji," kata Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PU Kota Padang Herman.

Ia mengatakan selain memperbaiki hulu sungai, Dinas PU juga melakukan perbaikan got-got di jalan yakni dengan membersihkan saluran serta menaikkan sedimen. (*)