Kesemrawutan Persimpangan Bypass Akibat Pelebaran Jalan

id Jalan, Bypass, Semrawut

Padang, (AntaraSumbar) - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Padang menyampaikan kesemrawutan yang terjadi di persimpangan di Jalan Bypass terjadi akibat pelebaran jalur itu menyebabkan lampu pengatur lalu lintas mengalami gangguan.

"Lampu lalu lintas pada beberapa simpang di Bypass belum bisa dipulihkan karena saat ini sedang ada pelebaran jalan, solusi sementara dilakukan penundaan truk yang melintas," kata Kepala Dishubkominfo Padang Rudy Rinaldy di Padang, Selasa.

Menurut dia jika sekarang dilakukan perbaikan total lampu lalu lintas akan tetap dibongkar pelaksana proyek, akibatnya bisa jadi temuan pemeriksa sebagaimana pernah dilakukan di simpang Lubuk Begalung.

Solusinya saat ini Dishubkominfo melakukan penundaan truk melintas pada pagi hari pukul 06.30 WIB hingga 08.00 WIB, dan sore hari pukul 16.30 WIB sampai 18.00 gunamengurangi kepadatan, ujar dia.

Selain itu ia melihat sikap pengendara yang kurang sabar serta volume lalu lintas yang padat menjadi penyebab kesemrawutan di persimpangan Bypass.

Dishubkominfo juga akan meningkatkan koordinasi dengan kepolisian setempat untuk mengatasi kemacetan jika kondisi sudah semrawut, lanjut dia.

Ke depan ia mengatakan lampu lalu lintas di sepanjang Jalan By Pass akan dilengkapi Air Traffic Control System (ATCS) dengan menggunakan kamera CCTV yang dapat dipantau langsung dari ruangan kontrol di Dishubkominfo.

Sementara salah seorang warga Padang Agung Pambudi mengeluhkan semrawutnya lalu lintas di Simpang Bypass Ketaping karena lampu lalu lintas tidak beroperasi.

"Terjadi macet panjang, pengendara juga tidak ada yang mau mengalah, akhirnya terjebak ," kata dia.

Ia berharap pada saat padat pihak berwenang menempatkan petugas sehingga lalu lintas dapat diatur mencegah kemacetan dan kesemrawutan. (*)