Januari-Agustus 2015, BAZ Pesisir Selatan Kumpulkan Zakat Rp1,9 Miliar

id Baz, Pesisir Selatan

Painan, (AntaraSumbar) - Total zakat yang terkumpul melalui Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Pesisir Selatan dari Januari hingga 31 Agustus 2015 sebanyak Rp1,985 miliar.

Kepala Seksi Pendistribusian BAZ Pesisir Selatan Khamaruddin di Painan, Selasa, mengatakan dana tersebut terkumpul dari berbagai "muzakki" (pemberi zakat) di 15 kecamatan yang ada di kabupaten itu. Mereka (muzakki) mayoritas berasal dari aparatur sipil negera (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemerintah kabupaten (Pemkab) tempat.

Dari dana yang terkumpul, BAZ Pesisir Selatan sudah mengeluarkan atau menyalurkan bantuan kepada masyarakat untuk berbagai jenis bantuan sebanyak Rp1,1,694 miliar.

Penerimaan zakat terbanyak terjadi pada bulan April 2015 yakni sebanyak 384 juta, Februari 2015 sebanyak 289 juta, Juli 2015 sebanyak 264 juta sedangkan pada Bulan Agustus 2015 penerimaan zakat sebanyak 212 juta.

Penerimaan zakat terbanyak dari jumlah tersebut diberikan oleh Dinas Kesehatan dan jajarannya yakni sebanyak Rp309 juta. Kemudian disusul oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Zein Painan sebanyak 132 juta.

Sedangkan Dinas Pendidikan dan jajaranya sebanyak Rp103 juta, Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan sebanyak Rp98 juta dan Dinas Koperindagpas sebanyak Rp37 juta.

BAZ setempat merealisasikan zakat yang terkumpul untuk berbagai bantuan sosial kepada masyarakat miskin seperti bantuan pembangunan (bedah) rumah layak huni, bea siswa, dan bantuan modal usaha bagi keluarga miskin.

Khusus bedah rumah, dari Januari hingga Agustus 2015 BAZ melakukan sebanyak 81 unit tersebar di 15 kecamatan yang ada. Untuk satu rumah BAZ memberikan bantuan senilai Rp15 juta.

Sekretaris Kaupaten Pesisir Selatan Erizon mengimbau seluruh ASN di lingkungan pemerintahan kabupaten setempat untuk membayarkan zakat gajinya melalui BAZ daerah setempat.

"Zakat sebesar 2,5 persen dari gaji yang diterima para ASN sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat khususnya warga miskin dan keperluan bantuan sosial lainnya di kabupaten ini, " katanya.

Dampak lain dari zakat yang disalurkan melalui BAZ kabupaten setempat adalah bisa menjawab keluhan masyarakat untuk mendapatkan bantuan sosial seperti bedah rumah, bantuan korban kebakaran, bea siswa miskin dan bantuan berobat warga miskin. (*)