Tanah Datar Promosikan Wortel di Festival Hortikultura

id Tanahdatar, Promosikan, Wortel

Batusangkar, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mempromosikan sayuran wortel di ajang Festival Hortikultura 2015 Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Wortel merupakan salah satu komoditi unggulan yang banyak dihasilkan Kecamatan X Koto sehingga perlu dipromosikan ke daerah lain di Indonesia," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar Nelita Yelda saat dihubungi di Kota Mataram, Selasa.

Ia menyebut iven Festival Hortikultura yang digelar pada 10 - 14 Oktober dengan tema menduniakan hortikultura, pariwisata dan ekonomi kreatif ini diharapkan dapat menjadikan produk unggulan pertanian Tanah Datar disukai masyarakat Indonesia.

"Selain itu, tanaman hortikultura kita dapat menjadi raja di negeri sendiri, sehingga kebutuhan pangan masyarakat dapat terpenuhi dan ekonomi masyarakat dapat digenjot melalui berbagai sektor termasuk wisata agro," katanya.

Yelda mengatakan ajang Festival Hortikultura ini dijadikan momentum istimewa bagi pelaku bisnis hortikultura yang bertujuan untuk mengangkat eksistensi pengembangan hortikultura nusantara sebagai komoditas komersial dan ajang pameran berskala Internasional.

Dalam festival ini, selain Wortel, juga ditampilkan produk unggulan buah Sawo dari Kecamatan Batipuh Selatan, Buncis Raysanda dan Cabe Gero.

Ia menjelaskan petani di Kecamatan X Koto sudah menerapkan teknik budidaya wortel secara baik sehingga aman dikonsumsi karena telah diproduksi secara ramah lingkungan.

"Wortel yang dikenal dengan Sinamis dari Koto Baru tersebut saat ini sudah diproduksi dengan baik dan sudah masuk pasar di berbagai wilayah Sumatera Barat, dalam dan luar Pulau Sumatera," katanya.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan terus berupaya meningkatkan hasil produksi pertanian dan mempromosikannya ke berbagai daerah dalam berbagi iven nasional maupun internasional. (*)