Pemkot Bagikan Kios LPC Kepada 68 Pedagang

id Pembagian, Kios, LPC, Padang

Padang, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kota Padang membagikan kios Lapau Panjang Cimpago (LPC) Pantai Purus kepada 68 pedagang yang sebelumnya pembagian ini sempat mengalami kericuhan.

"Tadi memang sempat terjadi kericuhan karena komunikasi kami dengan pedagang sedikit terhambat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Dian Fikri di Padang, Selasa.

Namun, akhirnya situasi bisa diredam dan 68 pedagang dapat kios di LPC sedangkan yang belum yang akan masuk pembagian tahap dua. Pembagian yang sempat ricuh itu terjadi di Kantor Camat Padang Barat yang dikawal oleh anggota kepolisian dan Satpol-PP kota Padang.

"Rencananya pada tahap dua kami akan membagikan 40 kios lagi, dan pastinya buat mereka yang kami data," kata dia.

Ia melanjutkan pembagian kios ini dilaksanakan secepatnya mengingat akan ada penertiban warung pedagang itu menjelang pelaksanaan Indian Ocean Rim Associatioan (IORA) di kota itu.

"Menjelang IORA akan ada beberapa penertiban dan salah satunya dilaksanakan di Pantai Purus dan kami menyiapkan LPC untuk mereka," kata dia.

Sebelumnya, pembagian ini berlangsung ricuh hal itu dikarenakan sebagian pedagang tidak menerima keputusan pembagian kios dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota setempat.

Bahkan dalam kericuhan itu salah seorang anggota polisi terkena lemparan telur mentah.

Net (40) seorang pedagang di lokasi mengatakan bahwa kios miliknya dibongkar lebih awal dan dijanjikan oleh Pemkot Padang akan diprioritaskan menempati LPC.

"Namun saya tidak mendapat undangan pembagian kios, ini ada apa?" katanya.

Namun setelah ada penjabaran dari dinas terkait ia baru tenang dan dijelaskan bahwa ia masuk kedalaman pembagian LPC tahap dua. (cpw10)