Sumbar Incar 10 Medali Emas Porwil Babel

id Medali Emas Porwil Babel

Padang, (Antara) - Tim atletik Sumatera Barat (Sumbar) mengincar 10 medali emas pada ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) sumatera yang akan berlangsung di Provinsi Bangka Belitung (Babel), 11 sampai 21 November 2015.

"Sebanyak 10 medali emas, kami menilai adalah target realistis yang ingin kami raih di Porwil Babel," kata Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumbar, Budi Syukur di Padang, Senin.

Ia menjelaskan, menghadapi pesta olahraga wilayah sumatera tersebut tim PASI Sumbar akan menurunkan atlet terbaik yang sudah dipersiapkan sejak beberapa bulan terakhir.

Pada Porwil tersebut katanya, juga menjadi bagian dari babak kualifikasi cabang olahraga atletik untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Jawa Barat.

"Hal itu menjadi kesempatan kami untuk bisa meloloskan atlet sebanyak mungkin untuk bertanding di PON 2016," katanya.

Ia menyebutkan, sebanyak 41 atlet terdiri dari 24 atlet putra dan 17 putri akan diturunkan pada 22 nomor yang dipertandingkan pada ajang tersebut.

Budi menilai, dari 10 provinsi yang akan bertarung di Porwil tersebut, kekuatan atletik Sumbar masih menjadi yang terkuat dibandingkan dengan daerah lain.

"Untuk wilayah Sumatera kami menilai tim atletik Sumbar masih yang terkuat, apalagi ada beberapa atlet Pelatnas yang akan turun membela Sumbar pada ajang tersebut," katanya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar, Furqan menyebutkan, cabang olahraga atletik menjadi penyumbang atlet terbanyak dikontingen Porwil Sumbar.

"Atletik mengirimkan 41 orang atlet ditambah enam pelatih dan satu manajer tim," katanya.

Ia mengungkapkan, dari hasil laporan 10 cabang olahraga yang akan mengikuti Porwil tersebut, jumlah atlet dikontingen Sumbar yakni sebanyak 192 atlet yang terdiri dari 119 atlet putra dan 73 putri. (*)