Kantor Staf Presiden Buat Sarana Pengaduan Terkoneksi

id Pengaduan Terkoneksi

Padang, (Antara) - Kantor Staf Presiden RI akan membuat sarana pengaduan masyarakat kepada pemerintah terkoneksi antara satu instansi dengan lainnya sehingga jika ada pelaporan akan lebih cepat ditindaklanjuti.

"Kami sedang merancang semua sistem pengaduan yang ada di instansi pusat maupun daerah terkoneksi sehingga layanan aspirasi dan pengaduan online masyarakat akan lebih efektif," kata Manajer Pengaduan Online situs www.lapor.go.id Kantor Staf Presiden, Gibran Sesunan di Padang, Senin.

Ia menyampaikan hal itu saat tampil sebagai pembicara dalam Lokakarya Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional yang digelar Ombudsman perwakilan Sumbar.

Menurut dia saat ini pemerintah telah membuat layanan pengaduan secara online melalui situs www.lapor.go.id sebagai sarana pelaporan masyarakat terkait program pembangunan, pelayanan publik dan aspirasi.

Sekarang situs www.lapor.go.id baru terkoneksi dengan instansi pusat, padahal pengaduan juga banyak dari daerah, kata dia.

Ia menjelaskan jika situs www.lapor.go.id telah terhubung dengan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota maka pengaduan yang berasal dari daerah akan segera diteruskan kepada pemangku kepentingan setempat agar tindak lanjut lebih cepat.

Sementara Kepala Ombudsman perwakilan Sumbar Yunafri mengatakan instansi pelayanan publik wajib menyediakan layanan pengaduan untuk mengetahui umpan balik dari pelayanan yang diberikan.

"Jangan berpikir kalau tidak ada pengaduan berarti pelayanan sudah baik, sebaliknya jika banyak pengaduan juga belum tentu pelayanan yang diberikan buruk," kata dia.

Ia mengatakan dengan adanya layanan pengaduan maka instansi terkait akan mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

Dengan adanya pengaduan instansi dapat melakukan evaluasi dan terus memperbaiki pelayanan yang diberikan, ujar dia. (*)