Payakumbuh Raih Piala Adipura 2015

id Payakumbuh

Payakumbuh, (Antara) - Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) meraih Piala Adipura 2015, dimana penghargaan tersebut adalah untuk kategori kota sedang.

"Penghargaan itu diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada wali kota di Jakarta, Senin Malam," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Payakumbuh, Jhon Kenedi di Payakumbuh, Rabu.

Ia mengatakan, tahun 2015 Payakumbuh berada pada posisi 10 di tingkat nasional, sementara di Sumatera berada di peringkat dua dari 65 daerah yang memperoleh penghargaan tersebut.

Tahun 2015, kata dia, ada 65 daerah yang memperoleh Adipura, lima kota metropolitan, tiga kota kategori kota besar, 25 kota sedang, dan 32 kota kategori kota kecil.

Ia menambahkan, Payakumbuh sudah menerima Piala Adipura sebanyak delapan kali sejak era Reformasi.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Payakumbuh Syamsurial, beberapa faktor yang mengantarkan kota itu meraih Piala Adipura 2015 ada pengelolaan sampah yang baik, dimana 60 persen sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) diolah melalui program bank sampah dan pengomposan.

Kemudian, adanya program gerakan Payakumbuh bersih dan program Kota sehat yang sudah dikelola dengan baik.

Selanjutnya, tim penilai mengapresiasi program pengelolaan air bersih dan sistem pengelolaan sumber air yang cukup bagus, dimana hal itu ditandai dengan sungai yang bebas dari sampah dan limbah.

Selain itu juga ditunjang dengan penyedian ruang terbuka hijau (RTH) untuk publik bagi masyarakat setempat.

Ketua DPRD Payakumbuh Yendri Bodra minta seluruh warga kota tetap memiliki komitmen tinggi dalam memelihara dan meningkatkan kebersihan.

"Adipura bukan tujuan, tapi bagaimana membudayakan hidup bersih dan sehat dalam keseharian masyarakat," kata dia. (*)