Polres Limapuluh Kota Minta Pengendara Waspada Longsor

id Polres Limapuluh Kota

Sarilamak, (Antara) - Kepolisian Resor (Polres) Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) mengimbau para pengendara yang melewati daerah tersebut untuk waspada terhadap longsor mengingat curah hujan tinggi sejak beberapa hari terakhir.

"Kepada seluruh masyarakat pengguna kendara agar tetap berhati-hati dan waspada karena banyak tebing yang sewaktu-waktu dapat menimbul longsor," kata Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto di Sarilamak, Rabu.

Ia mengatakan, selain itu, pihaknya juga mengimbau untuk menghindari parkir di bawah tebing dan pohon pada titik rawan longsor.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan Satuan Kerja Jalan Nasional wilayah I Sumbar PPK 07 untuk siaga, sehingga apabila terjadi longsor dapat segera mengerahkan alat berat untuk membersihkan materialnya.

Bagus menyebutkan, dari Minggu (22/11) Malam hingga Senin (2311) ada tiga titik badan jalan Nasional Sumbar-Riau yang dilaporkan ditimpa longsoran tebing, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

"Dua titik lokasinya sebelum fly over Kelok Sembilan dan satu lagi di Hulu Aia," kata dia.

Beruntung, kata dia, volume materialnya tergolong kecil dan tidak memicu kemacetan pada jalur penghubunng kedua provinsi tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Iklim Sicincin, Sumbar Goeroeh Tjiptanto memperkirakan curah hujan di daerah itu pada Desember 2015 meningkat dengan kategori sedang hingga tinggi.

Menurut dia sifat hujan secara umum masih berada pada kisaran bawah normal hingga normal, namun ada beberapa wilayah diperkirakan sifat hujan atas normal seperti di Kabupaten Agam bagian Barat, Muara Paiti dan Sijunjung. (*)