Pemkot Padang Mengukuhkan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan

id Pengukuhan, Forum Pembauran Kebangsaan, Padang

Padang, (AntaraSumbar) - Pemerintahan Kota (Pemkot) Padang mengukuhkan pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Rabu.

"Kami berharap forum ini dapat bekerjasama dengan yang lain dan menjadi mata telinga kita untuk kedamaian," kata Staf Ahli Bidang Pemerintahan Bambang Sutrisno saat mengukuhkan pengurus FPK, mewakili Wali Kota Padang, Rabu.

Ia mengatakan daerah lain sering terjadi konflik baik antar suku, agama dan lainnya, karena itu FPK yang telah dikukuhkan agar turun ke setiap rumah tangga, sehingga nantinya akan tercipta kedamaian dalam berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, selama ini sangat jarang Rukun Tetangga (RT) maupun Rukun Warga (RW) yang berkunjung ke rumah-rumah warga, kecuali bila terjadi konflik perkelahian rumah tangga.

"Kita hidup di Minangkabau tentunya tidak boleh memakai asas masa bodoh, hanya bertindak saat terjadi tindakan yang tidak diinginkan," ujarnya.

Ia menyebutkan, forum ini akan menjadi wadah informasi, komunikasi, konsultasi dan kerjasama antar masyarakat untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan.

"Sebagai lembaga yang terintegrasi dengan penyelenggaraan pembauran kebangsaan di daerah, forum ini diharapkan dapat menjadi mitra pemerintah daerah dalam membina kegiatan pembauran kebangsaan di kalangan masyarakat," lanjutnya.

Setelah acara pengukuhan forum tersebut, juga digelar sosialisasi, monitoring dan evaluasi antara organisasi masyarakat, tokoh adat, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat lainnya.

Ketua panitia kegiatan FPK tahun 2015, Eri Sendjaya menjelaskan, jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan itu adalah sebanyak 80 orang yang berasal dari unsur kepengurusan organisasi keagamaan, paguyuban, pengurus FPK, LSM atau ormas dan tokoh masyarakat.

"Untuk ketua FPK senfiri yang terpilih adalah Suardi Rajo Basa," jelasnya. (cpw9)