KPU Ajak Pemilih Rasional Gunakan Hak Pilih

id Pemilih, Rasional, Memilih

KPU Ajak Pemilih Rasional Gunakan Hak Pilih

Ilustrasi. (Antara)

Padang, (AntaraSumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang mengajak masyarakat pemilih di kota itu untuk rasional dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak 2015.

"Saat ini sebagian kalangan belum terbiasa menggunakan hak pilihnya secara rasional, mereka cenderung memilih karena adanya faktor kedekatan dan kekeluargaan," kata Ketua KPU Kota Padang, Muhammad Sawati di Padang, Kamis.

Ia mengatakan idealnya masyarakat pemilih mengabaikan kedua faktor itu dan memilih secara rasional dengan mempelajari visi dan misi calon serta mempelajari rekam jejaknya.

"Tujuan memilih dengan rasional ini agar lahir pemimpin yang kompeten yang siap menghadapi berbagai tantangan dalam pembangunan," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan kalangan yang memilih tidak secara rasional itu berada di sebagian kalangan masyarakat tingkat bawah.

"Mereka yang berpendidikan setingkat SLTA kebanyakan sudah mulai memilih secara rasional," kata dia.

Menyikapi hal itu pihaknya dalam setiap kesempatan mengupayakan memberi pencerahan terkait dengan tata cara memilih dengan rasional itu.

"Memang untuk merubah kebiasaan seperti ini memang agak sulit tapi kami dari KPU Padang dan jajaran akan tetap berusaha," ujarnya.

Sementara itu, Aldi (47) seorang warga Padang membenarkan hal itu. Bahkan, katanya, ada diantara pemilih sudah mengenyam pendidikan di perguruan tinggi namun masih memilih dengan tidak rasional.

"Sangat mudah menemukan pemilih seperti itu bahkan mereka sudah mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, kejadian ini harus mendapat perhatian khusus dari KPU," katanya. (cpw10)