Jalan Sumbar-Riau Terban di Limapuluh Kota

id Jalan, Sumbar-Riau, Terban

Jalan Sumbar-Riau Terban di Limapuluh Kota

Ilustrasi. Sebuah mobil melintas di samping jalan terban yang menghubungkan Padang-Kerinci Provinsi Jambi di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. (ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Sarilamak, (AntaraSumbar) - Jalan Nasional yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Riau terban, yang mana lokasinya berada di Nagari (desa adat) Tanjung Balik Kabupaten Limapuluh Kota.

"Jalan yang terban itu tepatnya kilometer 19 Nagari Tanjung Balik Kecamatan Pangkalan Koto Baru," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, Nasriyanto saat dihubungi dari Payakumbuh, Kamis

Ia mengatakan, jalan yang terban tersebut sepanjang lima meter dengan kedalaman tiga meter.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satuan Kerja Jalan Nasional wilayah I Sumbar PPK 07 untuk menangani musibah tersebut.

"Saat ini kami telah memasang garis polisi agar para pengendara dapat mengetahuinya, sehingga tidak menimbulkan kecelakaan," kata dia.

Nasriyanto menambahkan, hingga saat ini lalu lintas kendaraan pada lokasi tersebut tetap lancar, meski demikian pihaknya tetap mengimbau para pengendara untuk lebih berhati-hati melewatinya.

Sementara itu, Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Bagus Suropratomo Oktobrianto, mengimbau para pengendara yang melewati daerah tersebut untuk waspada terhadap bencana mengingat curah hujan tinggi sejak beberapa hari terakhir.

Menurutnya, tingginya curah hujan dapat menimbulkan tanah longsor, terban, pohon tumbang, maupun banjir.

Ia menambahkan, pihaknya juga mengimbau untuk menghindari parkir di bawah tebing dan pohon pada titik rawan longsor. (*)