Payakumbuh Kembangkan Rendang Jadi Produk Unggulan

id Payakumbuh

Padang, (Antara) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), mengembangkan rendang sebagai produk unggulan daerah itu dengan menggandeng konsultan untuk membantu pemasaran.

"Saat ini kami menggandeng konsultan untuk menjaga kualitas hingga pengemasan serta fokus membantu pemasaran dengan label produk halal," kata Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi saat dikonfirmasi di Padang, Jumat.

Menurut dia pemerintah kota akan terus mendorong pengusaha rendang mengembangkan produknya agar menembus pasar internasional.

"Kami sudah membuat kampung rendang di Kecamatan Lamposi dan bagi siapa pun yang ingin belajar membuatnya dapat langsung datang," kata dia.

Ia juga mendorong pengusaha segera mengurus hak paten dan pemerintah disebutnya bisa membantu melalui asosiasi secara kolektif.

"Apalagi saat ini dalam rangka pengembangan ekonomi kreatif pengurusan hak paten produk lebih dipermudah," kata dia.

Selain itu ia menyampaikan saat ini terus memperluas pemasaran produk serta kemasan yang menarik dan mudah diingat.

"Saya sudah pesan kepada pengusahanya fokus kembangkan rendang, perbesar skalanya agar bisa menjadi industri besar," kata dia.

Sebelumnya Penjabat Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek mengatakan rendang merupakan produk unggulan Sumbar yang sudah mulai dikenal oleh dunia.

"Tinggal memperluas jaringan untuk pemasaran saja," katanya.

Ia optimistis rendang dapat menjadi salah satu produk unggulan Indonesia dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. (*)