KPU Pasaman Sosialisasikan Pilkada ke Sekolah

id KPU, Pasaman, Sosialisasi

Lubuk Sikaping, (AntaraSumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman mengunjungi ke beberapa sekolah di daerah itu untuk mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

"Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, KPU juga turun langsung ke setiap sekolah di Pasaman dan pada hari ini ada tiga sekolah yang telah dikunjungi," kata Ketua KPU Pasaman, Jajang Fadli, di Lubuk Sikaping, Senin.

Ketiga sekolah tersebut, yakni SMA Negeri 01 Bonjol, SMA Negeri 01 Rao, dan SMK Harapan Bangsa Panti. "Kami mengajak peran serta pemilih pemula untuk menggunakan hak pilih mereka, dan mengajak orang tua serta saudara mereka di rumah untuk terlibat aktif dalam mensuksekan pesata demokrasi ini," katanya

Ia menambahkan, kunjungan ke sekolah ini merupakan agenda kegiatan KPU Pasaman dalam rangka menumbuhkan kesadaran pada generasi muda akan pentingnya Pilkada utuk memilih pemimpin yang akan membawa daerah ini lebih maju kedepannya, serta bentuk kepedulian terhadap rasa cinta terhadap tanah air dalam berbangsa dan bernegara.

Sosialisasi pada pemilih pemula tersebut dilakukan oleh tiga komisioner yakni Ketua KPU Pasaman Jajang Fadli, Divisi Logistik dan Anggaran Ajriaman, serta Divisi Sosialisasi Aprina Herawati.

Tiga komisioner tersebut memaparkan pentingnya pilkada baik itu pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta bupati dan wakil bupati, terutama bagi generasi muda agar mereka dapat menunjukan kecintaan terhadap daerah dan bangsa ini.

"Kami sampaikan kepada mereka yang telah memiliki hak pilih untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 9 Desember 2015 untuk menggunakan hak pilihnya. Sebab satu suara mereka akan menentukan siapa pemimpin daerah ini lima tahun mendatang, demikian juga untuk pemimpin Sumbar lima tahun mendatang," jelasnya.

Jajang menambahkan, selain itu, pihaknya juga menyampaikan bagi pemilih pemula ataupun keluarga mereka yang belum terdaftar dapat menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember 2015 dengan mendaftarkan diri ke TPS terdekat dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) berdasarkan domisili, ataupun paspor.

Sementara itu, KPU juga mengimbau bagi pihak sekolah agar keterlibatan pelajar dalam mensukseskan pilkada, dapat menjadi bahan dalam penilaian meta pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

"Kami juga mengimbau pada pihak sekolah, keterlibatan pelajar dalam menggunakan hak pilihnya dapat menjadi salah satu penilain dalam mata pelajaran PPKn, sebeb pilkada merupakan salah satu wujud nyata kecintaan dan kepedulian terhadap bangsa dan negara dengan memberikan hak pilih," katanya.

Selain tiga sekolah tersebut, kedepannya KPU juga akan terus melakukan sosialisasi pada pelajar, hingga tahap pencoblosan pada 9 Desember 2015, degan mengunjungi sekolah lainnya di Kabupaten Pasaman.

Sehubungan dengan itu, berdasarkan data KPU Pasaman, jumlah pemilih yang ada dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni 186.760 jiwa, dan berhak menggunakan hak pilih mereka, dimana terget KPU setempat 80 persen dari jumlah tersebut menggunakah hak pilihnya dalam pilkada serentak tersebut. (*)