Polda Kerahkan Dua SSK Amankan Kampanye Pilkada di Pasaman

id Polda, Pengamanan, Kampnaye, Pilkada,

Lubuk Sikaping, (AntaraSumbar) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat menerjunkan dua Satuan Setingkat Pleton (SST) untuk membantu pengamanan kampanye terbuka dua pasangan calon kepala daerah yang maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Kepala Bidang (Kabid) Kum Polda Sumbar, AKBP Sugeng Riyadi, di Lubuk Sikaping, Selasa, mengatakan personel tersebut ditempatkan di Mapolres, dan jika sewaktu-waktu dibutuhkan dapat diturunkan ke lokasi kampanye terbuka.

"Polda Sumbar dalam pelaksanaan pilkada serentak ini, telah menyiapkan personel pengamanan, dimana mereka dibagi untuk membantu pengamanan di masing-masing kabupaten dan kota. Saya sebagai perwira di jajaran Polda Sumbar beserta anggota lainnya, bertugas membantu pengamanan di Pasaman, dan Pasaman Barat, baik itu saat kampanye terbuka, maupun nanti hingga tahapan pencoblosan 9 Desember 2015," katanya.

Ia menambahkan, untuk daerah atau kabupaten dan kota lain, juga ada perwira dan anggota yang diturunkan untuk membantu pengamanan, tergantung kebutuhan dari polres masing-masing.

Khusus Pasaman, dimana kampanye terbuka dilaksanakan oleh dua pasangan calon, berlangsung pada 1 dan 3 Desember 2015, dimana Selasa dilakukan oleh pasangan nomor urut satu, yakni Benny Utama dan Daniel, dan pada 3 Desember 2015 dilaksanakan oleh pasangan nomor urut dua Yusuf Lubis dan Atos Pratama.

Kampanye terbuka yang diadakan pasangan nomor urut satu tersebut dikawal dan dipantau lansung oleh Kapolres Pasaman, AKBP Agoeng S Widayat, Panwaslu, KPU, Kesbangpol, Satpol PP, hingga aparat TNI.

Hal tesebut juga dilakukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat didaerah itu, selama berlangsungnya kampanye, yang dilaksanakan di terminal pasar Benteng, Kecamatan Lubuk Sikaping.

Dari pantauan di lapangan, kampanye pasangan nomor urut satu tersebut dihadiri ratusan warga yang berasal dari berbagai wilayah di daerah itu. Kabupaten Pasaman memiliki 12 kecamatan dengan jumlah pemilih mencapai 186.760 jiwa yang terdaftar dalam DPT dan 387 dalam DPTb-1.

"Untuk Pasaman, dari pantauan kami, relatif aman, dan diharapkan kondisi ini tetap terjaga sampai pilkada selesai dilaksanakan nantinya. Kami dari polda akan terus melakukan pemantauan, serta berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya, termasuk jajaran polres," jelasnya.

Sehubungan dengan itu, terkait pengamanan kampanye terbuka tersebut, Kapolres Pasaman, AKBP Agoeng S Widayat, menjelaskan, bantuan dari personel dari Polda Sumbar tersebut sifatnya untuk melakukan Back Up, personel di jajaran Polres Pasaman.

"Untuk pengamanan kampanye terbuka, baik pasangan nomor urut satu ataupun dua, kami menerjunkan 187 personel, yang dibagi untuk mengankan berbagi titik, mulai jalan raya, titik kumpul, hingga lokasi kampanye massa yang dipusatkan di terminal pasar Benteng ini," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya berharap kondisi keamanan di daerah ini tetap terjadi dimana sampai saat ini Pasaman dianggap relatif aman jelang pencoblosan pada 9 Desember 2015.

"Sistem kampanye terbuka yang melibatkan dua pasangan calon, juga membantu terjaminya keamanan di daerah ini. Sebab tidak ada benturan massa atau pendukung, dikarenakan hari kampanyenya telah ditetapkan pihak terkait berbeda," katanya. (*)