Lantamal II Padang Gelar Bhakti Sosial

id Lantamal, Padang, Bhakti Sosial

Painan, (AntaraSumbar) - Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Lantamal) II Padang menggelar kegiatan bhakti sosial di Carocok Tarusan, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Komandan Lantamal II Padang, Dindin Kurnadi di Tarusan, Selasa, menjelaskan kegiatan itu merupakan manifestasi dan panggilan tugas bagi seluruh personil serta jajaran TNI-AL di daerah ini.

"Lebih dari itu, juga sebagai bentuk solidaritas, rasa kesetiakawanan dan kepedulian terhadap seluruh lapisan masyarakat pesisir di Sumatera Barat (Sumbar), " jelasnya.

Acara dihadiri Penjabat Bupati Pessel, Alwis Darwis, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Yozki Wandri, Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Sabrul Bayang.

Selain itu, acara juga dihadiri Asisten III Pemkab Pessel Rusdianto, Camat Koto XI Tarusan Hadi Susilo dan seluruh jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) setempat.

Kegiatan difokuskan pada lima program seperti penanaman pohon bakau, rak terumbu karang, pipanisai air bersih. Kemudian, lanjutnya, bedah rumah, bhakti kesehatan dan pembagian sembako bagi masyarakat sekitar yang kurang mampu.

Bagi TNI-AL, bhakti sosial merupakan bagian dari panggilan tugas dan tanggungjawab di wilayah kerjanya. Komitmen itu tertuang dalam doktrin Opreasi Militer Selain Perang (OMSP), sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.

"Teruwujudnya kegiatan itu tak lepas dari peran serta masyarakat dan lembaga terkait, pemerintah daerah, aparat TNI/Polri. Tokoh masyarakat, pengusaha, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerhati lingkungan hidup," paparnya.

Ia berharap, agar seluruh masyarakat yang berada di sekitar kegiatan bhakti sosial dapat merasakan manfaatnya, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

Kedepan, Lantamal II Teluk Bayur berkomitmen menambah serta memperluas manfaat dari program bhakti sosial. Dengan demikian, pelestarian dan penyelamatan wilayah pesisir nusantara dapat terwujud. (cpw)