2017, Pemkab Mentawai Targetkan Gelar UNBK

id UNBK, Mentawai

Tuapejat, (AntaraSumbar) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menargetkan pada 2017 seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah itu bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kepulauan Mentawai, Qamaisir di Tuapejat, Rabu, mengatakan, saat ini pihaknya sudah menyusun persiapan dan sarana pendukung, termasuk menjalin komunikasi dengan penyedia layanan internet.

"Pada tahun ini kami fokus untuk persiapan dulu, ketersedian sarana dan layanan internet menjadi hal utama yang harus dituntaskan agar pada 2017 UNBK bisa terlaksana di daerah ini," katanya.

Ia mengakui, tidak adanya SMA dan SMP di daerah itu yang melaksanakan UNBK pada tahun ini karena terkendala akses jaringan internet yang tidak bisa mencakup seluruh kawasan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Namun, katanya, dari sarana komputer di sekolah dan operator pelaksanaan kegiatan, daerah itu sudah siap.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, untuk dapat merealisasikan ketersedian jaringan internet di daerah itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Mentawai dan pihak penyedian layanan internet, dalam hal ini Telkomsel.

"Tentunya dua pihak tersebut juga menjadi bagian penting yang harus ikut terlibat demi bisa terlaksananya UNBK di Mentawai, koordinasi ini yang harus terus kita bangun," katanya.

Ia menyebutkan, untuk SMA negeri di daerah itu berjumlah 11 unit ditambah dua unit sekolah swasta, sementara tingkat SMP berjumlah 24 unit ditambah empat sekolah swasta, rata-rata seluruh sekolah di daerah itu sudah memiliki komputer.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumbar, Syamsulrizal mengungkapkan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, menjadi satu-satunya daerah di Sumatera Barat (Sumbar) yang tidak melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2016 karena keterbatasan sarana penunjang.

"Dari 19 kabupaten dan kota, hanya Mentawai yang belum melaksanakan tahun ini. Ke depan kita akan dorong agar semua daerah melaksanakan UNBK," katanya.

Menurutnya, untuk melaksanakan UNBK memang dibutuhkan sarana penunjang. Karena itu, sebelumnya daerah telah diminta untuk mengalokasikan anggaran untuk pengadaan perangkat yang dibutuhkan. Rata-rata semua telah menganggarkan, kecuali Mentawai. (*)